Kemenpora: Wahai Pemuda Indonesia, Dunia Menunggumu!


  • 12-11-2019
  • Hayuning Purnama Dewi
Senin (28/10/2019) Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda Universitas Surabaya mengadakan upacara di Lapangan Kampus II Ubaya. Upacara yang dipimpin langsung oleh Ir. Benny Lianto, M.M.B.A.T., selaku Rektor Universitas Surabaya ini diikuti oleh sedikitnya 3500 mahasiswa baru tahun ajaran 2019/2020. Upacara ini juga dihadiri oleh para mahasiswa yang memperoleh tunjangan pendidikan/ beasiswa. Melalui upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda, Ubaya memberikan beasiswa semester gasal kepada 2.669 mahasiswa.
 
Dengan tema “Bersatu Kita Maju” diharapkan komitmen yang telah diikrarkan para pemuda terdahulu kembali ada. Hal ini juga sekaligus menegaskan bahwa cita-cita bangsa dapat terwujud hanya melalui persatuan. Dalam orasinya, Benny membacakan teks pidato dari Menteri Pemuda dan Olahraga. Ia menekankan bahwa kemajuan Indonesia berada di tangan pemuda yang berkarakter dan mampu membendung pengaruh buruk informasi dari dunia luar. ”Pemuda yang memiliki karakter tangguh, beriman dan bertaqwa, berintegritas tinggi, jujur, santun, bertanggung jawab, disiplin, kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, dan tuntas,” ujarnya.
 
Tak hanya berkarakter, ia juga menuturkan bahwa seorang pemuda harus memiliki kemampuan untuk melakukan perubahan, ”Wahai pemuda Indonesia, dunia menunggumu, berjuanglah, lahirkanlah ide-ide, tekad, dan cita-cita, pengorbanan dan perjuanganmu tidak akan pernah sia-sia dalam mengubah dunia,” tambahnya. Menurutnya, tugas pemuda saat ini untuk kemajuan Indonesia adalah membuat berbagai inovasi baru serta melahirkan ide-ide yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya, “Membuka pandangan ke luar batas-batas tembok kekinian dunia, demi menyongsong masa depan dunia yang lebih baik,” ujarnya.
 
Seusai upacara, UKM Tari turut memeriahkan dengan memberikan persembahan berbagai tarian yang penuh semangat layaknya muda mudi. Dengan berkotum merah dan putih, mahasiswa yang tergabung dalam UKM Tari mengajak semua mahasiswa untuk terus berkarya dan memberikan yang terbaik melalui gerakan tariannya. Tak hanya itu, Ikatan Alumni Ubaya atau IKA menyerahkan satu unit ambulance untuk menunjang aktivitas medis Universitas Surabaya. Melalui crowdfunding, IKA membantu mengkoordinir para alumni yang hendak turut berpartisipasi memberikan persembahan bagi Ubaya. Peran pemuda untuk membangun bangsa bermacam-macam bentuknya, dimulai dari hal yang sangat dekat dan diikuti tekad yang kuat. Selamat hari Sumpah Pemuda, selamat berjuang para pemuda Indonesia!(RE1,Bn)
Update: 12-11-2019 | Dibaca 888 kali | Download versi pdf: Kemenpora--Wahai-Pemuda-Indonesia--Dunia-Menunggumu-.pdf