Akuntansi Ubaya Raih Juara Tiga Di Kompetisi Akuntansi Airlangga 2019


  • 11-11-2019
  • Hayuning Purnama Dewi
Mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomika (FBE) Universitas Surabaya (Ubaya) kembali lagi menorehkan prestasi. Ya, Kristiani Hartadi, Deny Gunawan, dan Sisil meraih juara 3 dalam “Kompetisi Akuntansi Airlangga 2019” di Fakultas Vokasi Universitas Airlangga, Surabaya, pada tanggal 26-27 Oktober 2019 silam. Ketiga mahasiswa bimbingan Permata Ayu Widyasari, S.A., MBA., ini sukses mengalahkan puluhan tim lainnya.
 
“Jadi lombanya ada beberapa tahap, dimulai dari tahap online,” tukas Deny Gunawan, salah satu mahasiswa Jurusan Akuntansi angkatan 2017. Dalam lomba ini seluruh peserta wajib mengikuti tes online. Setelah tes online akan dipilih 50 tim, lalu menjadi 20 besar, 10 besar, sebelum akhirnya masuk ke tahap final yang berisikan 4 tim. Beberapa tantangan yang dihadapi adalah soal-soal yang diberikan pada masing-masing tahap. Bentuk soalnya pun juga unik dan berbeda, memberi tantangan tersendiri. “Beberapa pertanyaan dibentuk seperti TTS, dan ada juga Scrabble. Untuk final, kami menghadapi kompetisi cepat dan tepat,” tukasnya lagi. 
 
Meskipun meraih juara tiga, Deny sebenarnya menyayangkan pencapaian tersebut. “Walaupun senang, tapi sebenarnya agak gemas,” tambahnya. Ia mengaku bahwa pada final, tim dari Ubaya punya kesempatan untuk merebut skor. Hanya saja karena mereka tidak yakin, mereka tidak segera menjawab. “Dalam sesi final cepat dan tepat ini memang keempat tim diminta untuk berebutan kesempatan untuk menjawab, namun yang buat kita takut karena kalau salah menjawab poin akan diminus,” jawabnya. Akhirnya, tim perwakilan Ubaya meraih poin 150,67 mengamankan posisi mereka sebagai juara tiga.
 
Banyak pembelajaran yang didapat data lomba kali ini. “Tetap senang karena awalnya pesimis, sudah yakin kalau kita akan pulang,” tukas Deny. Ia dan timnya pesimis karena banyak pertanyaan yang kurang yakin bisa dijawab dengan baik, sehingga menjadi juara tiga pun adalah hal yang mengagetkan dari mereka. “Bagi saya, ini jadi pelajaran untuk selalu percaya diri, next time saya akan lebih yakin pada diri sendiri dan tim,” tutupnya ramah. (sml)
Update: 11-11-2019 | Dibaca 529 kali | Download versi pdf: Akuntansi-Ubaya-Raih-Juara-Tiga-Di-Kompetisi-Akuntansi-Airlangga-2019.pdf