Membangun Karakter Profesional Yang Unggul


  • 29-10-2019
  • Hayuning Purnama Dewi
Sabtu (12/10/19) Politeknik Ubaya bersama Pemerintah Kota Surabaya dan Perusahaan kerja sama mengadakan Character Building di Ubaya Training Center (UTC). Dengan tema Membangun Karakter Profesional Sejati di Era Revolusi Industri 4.0. Agung Sri Wardhani, S.E., M.A., selaku Direktur Politeknik, menjelaskan tema tersebut selaras dengan visi Politeknik Ubaya yaitu to be the gateway to professionalism. “Kita ingin membentuk karakter-karakter profesional pada mahasiswa,” ujarnya. Para peserta merupakan penerima beasiswa Triple Helix dengan jumlah 98 orang. Kegiatan ditujukan untuk memotivasi mahasiswa dengan materi yang disampaikan oleh Ir. Benny Lianto, M.M.B.A.T., selaku Rektor Ubaya,  Anton Prijatno, S.H., selaku Ketua Yayasan Ubaya, dan Drs. Supomo, MM., selaku Kepala Dinas Sosial Surabaya.
 
Materi pertama yang langsung disampaikan oleh Ir. Benny Lianto, M.M.B.A.T., adalah 5 Spirit Profesional. “Jiwa profesional 5.0 (bintang lima) bermaksud membangun karakter professional sejati,” tukasnya. Beliau juga mengungkapkan jika para peserta istimewa karena memiliki dua status yakni mahasiswa sekaligus karyawan. Kegiatan ini juga melibatkan mahasiswa sebagai pengisi acara. “Dalam waktu tiga hari mereka (mahasiswa) mempersiapkan penampilan yang all out. Mereka menggunakan kostum yang dibuat sendiri juga full make up,” ujar Agung. Beberapa yang ditampilkan adalah drama musikal, tari Saman dari Aceh, flashmob,dan tari Incling dari Jawa Tengah.
 
Mahasiswa memberikan lukisan karikatur pada Anton Prijatno., S.H., selaku Ketua Yayasan. Anton dan pembicara yang menyampaikan nilai-nilai Ubaya terhadap mahasiswa. Tak lupa mereka pun memberikan hal yang serupa pada pembicara lainnya. Mega, mahasiswi D3 program studi Bahasa Inggris Bisnis selaku perwakilan penerima beasiswa mengungkapkan rasa syukur sebab bisa menerima beasiswa ini. Baginya, beasiswa ini merupakan jalan yang bisa wujudkan mimpinya tanpa harus terhalangi faktor ekonomi. “Kita pasti bisa selama mau usaha,” ujarnya. 
 
Agung Sri Wardhani, S.E., M.A., selaku Direktur Politeknik berharap kegiatan ini dapat membuat mahasiswa menjadi lebih tangguh lagi “Harapan kedepannya setelah dilakukannya berbagai motivasi ini, mereka (mahasiswa) menjadi semakin kuat, karakter mereka berubah menjadi profesional yang unggul,” pungkasnya. (bn)
Update: 29-10-2019 | Dibaca 458 kali | Download versi pdf: Membangun-Karakter-Profesional-Yang-Unggul.pdf