Ungkap Peran Motivasi, Komitmen, Dan Teknologi Untuk Time Management


  • 24-10-2019
  • Hayuning Purnama Dewi
Menyadari pentingnya pengelolaan waktu bagi mahasiswa, sub-unit Konseling & Pengembangan Diri Mahasiswa (KPDM) Direktorat Pengembangan mahasiswa (DPK) mengadakan Student Success Seminar pada Kamis, 26 September 2019 silam di Sebaguna Fakultas Psikologi Ubaya. Seminar membawakan tema Time Management. Dihadiri sedikitnya 75 partisipan dari mahasiswa angkatan 2019 dari berbagai Fakultas di Universitas Surabaya (Ubaya). Seminar ini disampaikan dengan pembicara tunggal Mudianita Ambasuli, S.Psi., selaku Manajer Konseling dan Pengembangan Diri Mahasiswa. Ia memberikan bahasan perihal pengelolaan waktu.
 
Ninit (sapaan akrabnya) menjelaskan manfaat yang bisa didapatkan mahasiswa ketika ia berhasil mengatur waktu dengan baik. “Tentu kita jadi melakukan sesuatu dengan lebih efisien, jauh dari stress atas beban perkuliahan,” jelasnya sambil tersenyum. Motivasi, komitmen, dan teknologi menjadi tiga kombinasi bantuan yang cocok dalam time management. Motivasi sebagai dasar dalam melakukan sesuatu, komitmen berperan dalam mewujudkan cita-cita dan penggunaan teknologi menjadi fasilitas tambahan untuk memudahkan mahasiswa.
 
Jadwal yang teratur dapat memaksimalkan potensi mahasiswa. Ketika kita mau untuk belajar mengelola waktu, time management adalah kawan yang siap membantu. Ninit menuturkan jika pada era 4.0 kini banyak fasilitas yang bisa membantu pengelolaan waktu. Ia pun mencontohkan beragam fitur yang dimiliki oleh Google Calendar. “Bisa diintegrasikan dengan email sehingga tugas dan acara yang diikuti bisa disusun dengan baik. Bila ada acara yang bertabrakan pun bisa langsung diingatkan. Ada juga fitur alarm sebagai pengingat,” tutupnya. (re2, bn)
Update: 24-10-2019 | Dibaca 725 kali | Download versi pdf: Ungkap-Peran-Motivasi--Komitmen--Dan-Teknologi-Untuk-Time-Management.pdf