Idul Qurban: Berbagi Di Hari Yang Suci


  • 30-08-2019
  • Hayuning Purnama Dewi

Minggu (11/08/19) UKKI (Unit Kegiatan Kerohanian Islam) Universitas Surabya menggelar sholat Idul Adha berjamaah di Lapangan depan Perpustakaan Ubaya. Ibadah sholat dilaksanakan pukul 06.00 WIB dengan Ustadz M. Syukron Dian, M.Pd sebagai Imam dan Khotib. Idul Adha yang juga dikenal dengan Hari Raya Haji dan/atau Idul Qurban merupakan hari yang mana umat muslim diberikan kesempatan untuk lebih mendekatkan diri kepada-Nya. Bagi mereka yang belum mampu menunaikan ibdah haji, maka Ia diberi kesempatan untuk berkurban yaitu dengan menyembelih hewan kurban sebagai simbol cinta dan taqwa kepada Allah SWT.

Menyungsung tema ‘Mempersiapkan Generasi Rabbani di Akhir Zaman’ perayaan Idul Adha 1440 H diharapkan dapat memperlihatkan anak muda Rabbani yang berarti orang berilmu dan bertaqwa. Selesai menunaikan ibadah sholat, acara diteruskan dengan penyembelihan hewan kurban berupa sapi dan kambing. Tiga ekor sapi serta 16 ekor kambing disembelih di area dekat parkiran S1 Ubaya. “Selain Ubaya, ada juga beberapa hewan dari Alumni Ubaya, Dosen, Mahasiswa/i, bahkan dari orang luar Ubaya pun juga ada,” jelas Khoirul selaku ketua acara. Hewan kurban yang telah disembelih lantas dibagikan kepada seluruh internal kampus serta warga sekitar yang tinggal di dekat Ubaya.

Proses kegiatan kurban tahun ini kurang lebih sama seperti tahun-tahun sebelumnya. “Tetapi ada satu acara yg berbeda yaitu kegiatan makan bersama para Donatur, Dosen, dan Karyawan,” lanjut Khoirul. Hal tersebut menjadikan Idul Adha sebagai salah satu sarana silaturahmi bagi wsarga sekitar, Alumni, dan Ubaya. “Semuanya sangat bersemangat, jadi saya berharap semangat seperti itu dipertahankan atau bisa ditingkatkan lagi untuk tahun berikutnya dan juga semoga tahun depan jumlah hewannya lebih banyak lagi supaya kita bisa berbagi keseluruh internal dan juga pada warga sekitar dengan jumlah yang lebih banyak dari tahun ini,” tutup Khoirul. (bn)

Update: 30-08-2019 | Dibaca 538 kali | Download versi pdf: Idul-Qurban--Berbagi-Di-Hari-Yang-Suci.pdf