Ubaya Gelar Pelatihan Machine Learning Hadapi Revolusi Industri 4.0


  • 10-07-2019
  • Hayuning Purnama Dewi

Universitas Surabaya melalui Program Studi Teknik Informatika bekerjasama dengan Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Republik Indonesia (RI) menyelenggarakan Digital Talent Scholarship (DTS) 2019 berupa Pelatihan Fresh Graduate Academy (FGA) berfokus pada Machine Learning pada 1 Juli- 31Agustus 2019 bertempat di Gedung Perpustakaan, Lantai 5 Ubaya Tenggilis.“Kerjasama ini berupa pelatihan bagi lulusan baru terfokus pada Machine Learning. Agar mereka siap hadapi Revolusi Industri 4.0,” ujar Ketua program studi Teknik Informatika Ubaya Dr. Budi Hartanto, S.T., M.Sc.

Ubaya bersama 30universitas lainnya yang tersebar di Indonesia, berperan menjadi penyedia sarana dan prasarana serta instruktur pelatihan sesuai dengan skema pelatihan. Pelatihan berbasis TIK ditujukan bagi fresh graduateuntuk meningkatkan keterampilan dan daya saing sumber daya manusia Indonesia di bidang teknologi dan komunikasi.Budi Hartanto mengatakan beasiswa pelatihan FGA diikuti sebanyak 48 peserta dari mahasiswa Ubaya maupun umum dari berbagai bidang lulusan.  

Mereka wajibmengikuti beasiswa pelatihan selama 144 jam atau 62 hari. Nantinya mereka mendapatkan pembahasan mengeni Machine Learning dengan python, dasar-dasar machnie learning, dan lainnya. Peserta diberikan teori dengan tatap muka langsung, praktek, ujian dan membuat projek bersama. “Peserta akan mendapatkan pelatihan kewirausahaan digital dan pelatihan soft skill. Dengan harapan setelah mereka mendapatkan pekerjaan, kemampuan mereka akan terpakai dan terserap dengan baik di dunia kerja,”ungkap Budi Hartanto.

Program DTS 2019 merupakan program pengembangan sumber daya manusia (SDM) dengan harapan nantinya pembangunan prioritas nasional,  dapat meningkatkan ketrampilan (up-skilling) SDM bidang Komunikasi dan Informatika. sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan daya saing bangsa dalam menghadapi revolusi industri 4.0. (ee)

Update: 10-07-2019 | Dibaca 88 kali | Download versi pdf: Ubaya-Gelar-Pelatihan-Machine-Learning-Hadapi-Revolusi-Industri-4-0.pdf