Tiga Mahasiswa Ubaya Sabet Medali Di Ajang ONMIPA


  • 17-05-2019
  • Fadjar Efendy Rasjid

SURABAYA – Tiga mahasiswa Universitas Surabaya (Ubaya) menorehkan prestasi di ajang Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (ONMIPA). Mereka mendapatkan medali emas, perak, dan perunggu di dua kategori. Yakni, kimia dan biologi. Kevin Jayaatmaja meraih emas di bidang kimia. Prasetyo Santoso berhasil mendapatkan perak di bidang kimia dan Clairine Nathania merebut perunggu di bidang biologi.

Kevin menyatakan sudah tiga kali mengikuti ajang ONMIPA. Namun, pada kompetisi sebelumnya, dia belum berhasil menjadi yang terbaik. Prestasi tersebut diraih tahun ini. "Ini prestasi tertinggi saya di ajang nasional bidang kimia," katanya.

Meski sudah beberapa kali gagal pada beberapa kompetisi, Kevin tidak pernah menyerah. Kecintaannya di bidang kimia justru semakin memuncak ketika duduk di bangku kuliah. "Sejak semester 1 saya selalu ikut lomba di bidang kimia. Termasuk ONMIPA," katanya.

Di ajang tersebut, Ubaya bersaing dengan puluhan perguruan tinggi negeri (PTN) bergengsi di Indonesia. Termasuk Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Universitas Indonesia (UI). "Persaingan sangat ketat. Apalagi dari PTN-PTN yang sudah ternama," ucapnya. Kevin menjelaskan, sebelumnya dirinya beserta dua rekannya melewati seleksi di internal kampus.

Kemudian, ketiganya lolos dan dikirim ke Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VII. "Kami ternyata lolos seleksi di tingkat LLDIKTI Wilayah VII untuk ke nasional," jelasnya. (ayu/c15/dio)

Jawa Pos, 16 Mei 2019

Update: 17-05-2019 | Dibaca 379 kali | Download versi pdf: Tiga-Mahasiswa-Ubaya-Sabet-Medali-Di-Ajang-ONMIPA.pdf