Mahasiswa Harus Siap Menghadapi Era Marketing 4.0


  • 23-11-2018
  • Fadjar Efendy Rasjid

Dalam mempersiapkan mahasiswa menghadapi era Revolusi Industri 4.0, Program Magister Psikologi Sains Universitas Surabaya mengadakan seminar publik yang bertajuk Marketing 4.0: “Moving to Digital and Emotional Branding”yang digelarSabtu, 3 November 2018 bertempat di gedung PF lantai 6 Universitas Surabaya.

Kegiatan ini diikuti oleh, 140 peserta dari Ubaya, Universitas Ciputra, dan Universitas Kristen Petra. Hadir sebagai pembicara Dr. FriksoN C. Sinambela S.Psi., M.T., Ananta Yudiarso S.Sos., M.Si dan Johan Alvin Khosuma, S.Sos. selaku Branding Consultan JAC. Ada empat sesiseminar yang masing-masing membahas The Power of Pshychology in Branding, Neuromarketing di Era Revolusi Industri 4.0, Digital Marketing To Captive Millenial Market,dan Marketing 4.0 Branding H2H with Heroes Strategy.

Pesatnya perkembangan teknologi memberi dampak pada internet, robotik, 3-Dprinting. Teknologi mengembangkan sektor-sektor ekonomi, ritel dengan e-commerce, transportasi, pendidikan, marketing online.Menurut Dr. Frikson C. Sinambela S.Psi., M.T., selaku penanggung jawab kegiatan, seminar marketing 4.0 mengajak mahasiswa untuk mengenal lebih jauh perkembangan industri era digital. “Khususnya negara-negara berkembang seperti indonesia, sedang bergerak menuju ekonomi digital. Perkembangan teknologi menjadi pergerakan pertama perubahan”, ujarnya. Sementara itu untuk mengetahui revolusi industri 4.0. Ananta Yudiarso, S. Sos., M.Si sebagai salah satu pembicara menegaskan “Jangan tutup mata pada perubahan teknologi,” ujarnya.

Dalam pemaparannya Johan Alvin mengatakan Marketing 4.0 mengintegrasi antara style dan subtance. Merek tidak hanya mengkedepankan branding bagus, tetapi harus dengan konten yang relevan.“Mahasiswa harus tau bahwa dunia sudah berubah. Pengetahuan teknologi harus diperbaharui, bahkan selanjutnya pekerja bank dan dokter akan dengan mudah digantikan oleh teknologi,”tutup Frikson. (Re7,ee)

Update: 23-11-2018 | Dibaca 1754 kali | Download versi pdf: Mahasiswa-Harus-Siap-Menghadapi-Era-Marketing-4-0.pdf