Mahasiswa Farmasi Ubaya Kembali Eksis Pada OFI 2018


  • 23-11-2018
  • Fadjar Efendy Rasjid

Mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Surabaya kembali menunjukan eksistensinya dalam ajang Nasional. Kegiatan yang diikuti mahasiswa Farmasi se-Indonesia ini,diselenggarakan 3-4 November 2018 di Universitas Andalas, Padang. Ubaya mengirimkan 2 mahasiswa untuk mengikuti 2 kategori (OFI dan PPFI). Hasilnya tak tanggung-tanggung Jonathan Limantoro berhasil menyabet juara III OFI dan Daniel Gunawan pemenang Pemilihan Putra dan Putri Farmasi Indonesia (PPFI) 2018mewakili putra terbaik.

OFI merupakan ajang lomba bagi mahasiswa farmasi di seluruh Indonesia, yang diselenggarakan olehBEM KM Fakultas FarmasiUniversitas Andalas. Olimpiade ini meliputi bidang farmasetika dan bidang farmakologi. Tema lomba kali ini adalah “Scientific Competition for Young Gold Pharmacist Generation”.Sebanyak 57 peserta dari perwakilan beberapa universitas di Indonesiamemeriahkan perhelatan nasional ini.Jonathan mengikuti olimpiade pada bidang farmakologi. Ada 120 soal yang harus diselesaikan pada babak penyisihan. Selanjutnya untuk babak 10 besar yang terpilih akan maju ke semi final. Jonathan berhasil lolos 5 besar pada final akhirnya keluar sebagai pemenang ke III.

“Saya bangga dapat mewakili Fakultas Farmasi Ubaya pada tingkat nasional dan berhasil menyisihkan puluhan peserta lainnya,”ujarnya. Untuk mengikuti lomba ini, Jonathan mengatakan dirinya harus mempersiapkan materi dengan matang. Sebelumnya Jonathan pernahmengikuti olimpiade ini, namun hanya sampai babak penyisihan saja.

Selain lomba olimpiade, OFI juga mengadakan pemilihan Putra dan Putri Farmasi Indonesia (PPFI) 2018, sebagai penghargaan untuk mahasiswa dan mahasiswi farmasi Indonesia yang memiliki prestasi akademik dan nonakademik serta karakter dan kepribadian yang baik. Daniel Gunawan mahasiswa Fakultas Farmasi Ubaya terpilih sebagai pemenang mewakili putra terbaik pada lomba ini.

Jonathan berharap dapat terus mengharumkan nama Ubaya. “Tujuan saya mengikuti lomba adalah membawa bekal-bekal yang sudah saya dapatkan di Farmasi Ubaya dan bangga bahwa materi dan ilmu yang sudah diperoleh di Ubaya dapat diimplementasikan.” (ee)

Update: 23-11-2018 | Dibaca 2083 kali | Download versi pdf: Mahasiswa-Farmasi-Ubaya-Kembali-Eksis-Pada-OFI-2018.pdf