Program Pengembangan Kewirausahaan (PPK) Politeknik Ubaya, Antar Mahasiswa Berwirausaha


  • 30-10-2018
  • Fadjar Efendy Rasjid

Melalui Program Pengembangan Kewirausahaan (PPK) Politeknik Ubaya, mahasiswa yang ingin mengembangkan dan merealisasikan minat berwirausa dapat difasilitasi.

Potensi kewirausahaan mahasiswa diberdayakan dengan melibatkan mereka berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran wirausaha, baik secara individu maupun kelompok.Mahasiswa yang lolos recruitment tenantakan mendapatkan pelatihan kewirausahaan, observasi di mitra industri/umkm, serta pendampingan untuk memulai dan menjalankan usaha.

Target yang akan dicapai antara lain, yaitu adanya 5 (lima) wirausaha baru mandiri dengan penerapan iptek digital marketingyang siap terjun di masyarakat tiap tahunnya, terciptanya networking tenantdengan stakeholdersantara lain Dinas Koperasi dan UMKM, Disperindag, serta sistem Student Business Development Unit(SBDU) sebagai unit layanan PPK yang sudah teruji dengan handal.

PPK tahun ini memasuki tahun kedua, dengan jumlah mahasiswa yang berpastisipasi adalah 24 calon tenant yang berasal dari 4 alumni dan 20 orang mahasiswa aktif yang sedang merintis usaha maupun yang akan melakukan usaha.

Beberapa bidang usaha yang sedang dijalankan mahasiswa Politeknik Ubaya dan tergabung dalam program PPK adalah:

  • Sektor jasa: Jasa layanan pajak, Jasa usaha videografi dan MC.

  • Sektor Barang: Ayam aneka toping, ayam, bebek goreng, bubur ayam, coklat forever, es teller, salad buah, kabel pengurang noise, dan fashion muslim.

Selain pinjaman pendanaan usaha, fasiltas yang didapatkan oleh peserta dalam program ini adalah pemberian berbagai pelatihan untuk mendukung pengembangan usaha. Kemudian, adanya kolaborasi dengan praktisi pelaku wirausaha baik dari industri maupun umkm sebagai tempat studi banding seperti UMKM Sambal Dede Satoe, Kampung Kue, maupun industri/umkm lain yang relevan dengan jenis usaha/ ide bisnis mahasiswa/alumni. Selain itu, peserta diikutsertakan dalam pameran kampus sebagai sarana menjual produk.

Diharapkan berbagai fasilitas yang didapatkan oleh peserta dapat membantu pengembangan usaha mereka, dan membangun semangat berwirausaha yang berkelanjutan di dalam program PPK Politeknik Ubaya. Ini merupakan upaya nyata guna mewujudkan kewirausahaan di lingkungan kampus.

Update: 30-10-2018 | Dibaca 157 kali | Download versi pdf: Program-Pengembangan-Kewirausahaan--PPK--Politeknik-Ubaya--Antar-Mahasiswa-Berwirausaha.pdf