Tumbuhkan Minat Siswa Melalui Praktek Laboratorium


  • 17-10-2018
  • Fadjar Efendy Rasjid

Jumat, 12 Oktober 2018 Universitas Surabaya(Ubaya) menerima kunjungan dari SMA Cita Hatiyang terdiri dari 48 siswa dan 4 guru pendamping. Kunjungan dimulai pukul 10.00-15.00bertempat di Gedung TG Laboratorium SimulasiKampus Tenggilis Ubaya.

Kunjungan ini dalam rangka Full Trip ke Ubaya guna menambah wawasan siswa, serta menumbuhkan minat mereka melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Yunus Fransiscus, S.T., M.Sc. selaku Kepala LaboratoriumTeknologi Bioproses dan Proses Lingkungan Jurusan Teknik Kimia menyambut baik kedatangan SMA Cita hati yang ingin mengenal Ubaya lebih dalam.

Dian Yenita Pranotodiharjo, S.Pd., M.Pd.K selaku guru Fisika SMA Cita Hati mengatakan jika siswa IPA kelas 12 secara khusus mengunjungi ubaya untuk belajar mengenai teknik kimia. “Seperti yang kita ketahui, lab teknik kimia Ubaya memiliki fasilitas lengkapdanmenarik perhatian para siswa,”ungkapnya.

Kunjungan terbagi menjadi dua sesi, pada sesi pertama siswa diajak mengenal Ubaya secara umum dan Fakultas Tekniksecara khusus. Kemudian 48 siswa dibagi menjadi 3 kelompok untuk berkeliling ke 3 laboratorium yaitu, Laboratorium Polimer dan Teknologi Membran, Laboratorium Teknologi Bioproses dan Proses Lingkungan, Laboratorium Satuan Operasi dan TeknologiProses.

Pada sesi kedua, materi diberikan oleh Elieser Tarigan, S.Si., M.Eng., Ph.D dengan perkenalan Pusat Studi Energi Terbarukan. Siswa dapat mengenal energi yang ramah lingkungan dan mengetahui beberapa projek Teknik Kimia Ubaya.

Yunus meyakini jika metode paling efektif menumbuhkan minat dan pengetahuan siswa adalah dengan praktek langsung ke lab yang ada. “Dalam Laboratorium Polimer dan Teknologi Membran, siswa diajak membuat produk kimia seperti sabun. Di Laboratorium Teknologi Bioproses dan Proses Lingkungan, siswa belajar mengenai air limbahserta cara evaluasi karakter dari air limbah dengan serangkaian percobaan. Sedangkan di Laboratorium Satuan Operasi dan Teknologi Proses siswa diajarkancara mengelola air kotor menjadi lebih bersih dengan metode absobsi,”ungkapnya.

Melalui full trip ini, Yunus berharap lahir banyak bibit unggul teknik kimia yang dapat tersaring dikemudian hari. Kunjungan ini pula sebagai upaya mempererat hubungan baik antara Ubaya dan SMA Cita Hati. (ee)

Update: 17-10-2018 | Dibaca 2200 kali | Download versi pdf: Tumbuhkan-Minat-Siswa-Melalui-Praktek-Laboratorium.pdf