Coba Cita Rasa Kopi Lewat Games


  • 17-09-2018
  • Fadjar Efendy Rasjid

SURABAYA – Mengenal cita rasa kopi bisa melalui beragam cara. Bahkan, tidak perlu mencicipi. Cukup lewat papan permainan (board game) ciptaan mahasiswa Universitas Surabaya (Ubaya) Kevin Christianto. Namanya Roast!

Mahasiswa multimedia prodi teknik informatika itu membuat papan permainan sebagai media pengenalan cita rasa kopi. Semua kopi Indonesia. Total ada lebih dari 30 jenis kopi yang diangkat dalam board game tersebut. ”Board game ini media edukasi tentang kopi Indonesia,” jelas Kevin.

Menurut dia, saat ini kopi sangat happening. Namun, masyarakat masih sangat terbatas mengenal berbagai jenis dan cita rasanya. Padahal, hampir setiap daerah memiliki jenis kopi. ”Saya sedih sekali jika kopi Indonesia yang begitu enak kurang diminati masyarakat,” ujarnya.

Kevin mengungkapkan, dirinya pernah mempromosikan aneka jenis kopi dengan menyuguhkannya secara langsung. Namun, respons kurang begitu bagus. Karena itulah, dia membuat inovasi board game. ”Tanpa mencicipi, mereka bisa kenal aneka jenis kopi. Cukup bermain saja,” katanya.

Ada enam wilayah penghasil kopi Indonesia yang diangkat dalam permainan tersebut. Mulai Jawa, Bali, Sulawesi, Flores, Papua, hingga Sumatera. ”Game ini bisa dimainkan 2–4 orang. Kurang lebih membutuhkan waktu 30–34 menit,” sebutnya. (ayu/c17/roz)

Jawa Pos, 15 September 2018

Update: 17-09-2018 | Dibaca 3205 kali | Download versi pdf: Coba-Cita-Rasa-Kopi-Lewat-Games.pdf