FK Ubaya Beri Bantuan Ke Lombok


  • 24-08-2018
  • Fadjar Efendy Rasjid

Sebagai wujud kepedulian terhadap korban gempadi Lombok, Mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Surabaya memberikan bantuan dompet sumbangan untuk korban bendana alam gempa. Sabtu, 11 Agustus 2018, dompet sumbangan didistribusikan ke para korban dengan melalui pengiriman Kantor Posberupa barang kebutuhan seperti pempers, obat-obatan, tarpal, selimut, kain kasa, dan betadine.

Wakil Dekan I Fakultas Kedokteran dr. Risma Ikawaty, Ph.D. mengatakan “Bantuan yang diberikan adalah barang logistik atau keperluan yang memang sulit didapatkan disana. Terutama pada desa dan kabupaten yang mengalami dampak gempa paling parah. Banyak masyarakat tinggal ditenda-tenda pengungsian dan mendirikan tenda seadanya,”ujarnya.

Melalui dana yang terkumpul puluhan juta rupiah ini diharapkan dapat meringankan korban gempa di Lombok. Gempa yang menguncang Lombok pada Sabtu, 28 Juli dan Minggu, 5 Agustus 2018 lalu, menyebabkan ratusan orang luka-luka, korban jiwa dan ribuan rumah mengalami kerusakan. “Partisipasi ini juga didukung oleh beberapa kolega, dan teman-teman dari luar kampus yang ingin memberikan sumbangan langsung kepada korban gempa,”ujar dr. Ika.

Dr. Ika juga mengatakan pada situasi ini, mahasiswa kedokteran diminta untuk tangap dalam menghadapi bencana alam. “Saat seperti inilah mahasiswa kedokteran mendapatkan ujian yang sesungguhnya. Bagaimana caranya mengatur kepekaan terhadap lingkungan dalam memberi bantuan pada korban gempa.”

Mahalnya biaya pengiriman tidak menghalangi mahasiswa FK tetap mendistribusikan bantuan sampai kepada korban. Sampai saat ini,Fakultas Kedokteran Ubaya masih membuka donasi untuk gelombang kedua bagi korban gempa Lombok. “Kita berencana mengajak beberapa mahasiswa kedokteran untuk langsung terjun kelapanganagar mereka juga turut berpartisipasi dalam menanganisecara medispara korban,”tutup dr. Ika. (ee)

Update: 24-08-2018 | Dibaca 554 kali | Download versi pdf: FK-Ubaya-Beri-Bantuan-Ke-Lombok.pdf