Realisasi MoU, 704 Calon Mahasiswa Ikuti TPA


  • 16-07-2018
  • Fadjar Efendy Rasjid

suarasurabaya.net - Sebanyak 704 calon mahasiswa penerima program beasiswa dan penempatan kerja mengikuti Tes Potensi Akademik (TPA) yang merupakan hasil nota kesepahaman (MoU) antara Pemkot Surabaya, Politeknik Universitas Surabaya (Ubaya), dan enam perusahaan, Sabtu (14/7/2018).

Beasiswa tersebut diperuntukkan hanya untuk warga kurang mampu di wilayah Surabaya terutama bagi warga Kota Surabaya lulusan SMA/SMK sederajat, dengan usia maksimal 22 tahun.

Melalui program beasiswa ini mahasiswa terpilih akan menerima pendidikan gratis di Politeknik Universitas Surabaya (Ubaya) kemudian dipekerjakan di perusahaan yang telah bekerja sama dengan 3 tahun ikatan dinas.

Adapun enam perusahaan yang siap menampung lulusan D3 Politeknik Ubaya antara lain PT Borwita Citra Permai, PT Schenker Petrolog Utama, PT Pelindo Daya Sejahtera, One Med Health Care, Bersatu Sukses Group, dan PT Sanindo Perkasa Abadi.

"Memang kelebihan beasiswa ini, bagi penerima, satu di antaranya adalah dapat langsung bekerja," kata Grace Karlinda, Manager Marketing Ubaya kepada suarasurabaya.net.

Calon mahasiswa juga harus mengumpulkan beberapa berkas berupa Fotokopi KTP, Fotokopi Kartu Keluarga, Surat Keterangan Kelakuan Baik dari Kepolisian, Surat Keterangan Kesehatan dan Surat Keterangan Tidak Mampu dari perangkat kelurahan.

Sebelumnya, 704 Calon Mahasiswa Penerima Program Beasiswa ini telah berhasil melewati seleksi awal dari Tim Pemkot Surabaya dan Tim D3 Ubaya, serta melakukan daftar ulang.

Pada tahapan tes selanjutnya yang harus diikuti setelah lulus TPA adalah Tes Substansi Akademik (19 Juli 2018), Tes Psikologi (1 Agustus 2018) dan tes dari pihak perusahaan (9-15 Agustus 2018).

"Semoga calon mahasiswa yang mengikuti TPA ini bisa mengerjakan dengan lancar. Saya juga berharap bagi yang lolos nantinya dapat memanfaatkan program beasiswa ini dengan baik, karena setelah itu juga bisa langsung bekerja," tambah Grace.(tok/den)

Suarasurabaya.net

Update: 16-07-2018 | Dibaca 619 kali | Download versi pdf: Realisasi-MoU--704-Calon-Mahasiswa-Ikuti-TPA.pdf