Mahasiswa Ilmu Ekonomi Ubaya Gelar Pameran Produk Bisnis Kreatif


  • 18-05-2018
  • Fadjar Efendy Rasjid

Selasa, 15 Mei 2018 sebanyak 95 mahasiswa Fakultas Bisnis dan Ekonomika Jurusan Ilmu Ekonomi Universitas Surabaya, menggelar pameran produk bisnis kreatif bertajuk The Art Of Recyclesebagai tugas akhir mata kuliah bisnis kreatif bertempat di Gedung Serbaguna Lt 5 Perpustakaan.Dosen mata kuliah Bisnis Kreatif yakni Dra.ec. Mintarti Ariani M.Si. menuturkan bahwa mahasiswa harus dapat mendaur ulang barang-barang yang ada di sekitarnya menjadi produk.“barang bekas bisa disulap menjadi produk dengan nilai ekonomi tinggi dan dapat perhitungkan di pasaran”, tutur Mintarti.

Pada awal semester, mahasiswa diajak untuk berkunjung ke beberapa UKM yang ada di Semarang dan Jogja sebagai media pembelajaran dalam menciptakan produk kreatif. Untuk menciptakan suatu produk tidak harus memiliki modal yang besar, bahkan pemanfaatan limbahhasil rumah tangga dapat digunakan untuk menciptakan produk dengan nilai jual tinggi. Daridari hasil kunjungan itulah,ide kreatif muncul untuk mendaur ulang limbahyang tidak terpakai.

Adapun beberapa hasil produk kreatifnya yang dipamerkan yakni, sofa terbuat dari botol bekas, gantungan baju dari limbah kayu, korden dari karung godi, lemari multifungsi terbuat dari kardus bekas, megiccaldance(lampu tidur multifungsi) terbuat dari tutup botol, kursi paralon untuk anak-anak terbuat dari pipa paralon dan produk limbah lainnya.“Selama satu semester mahasiswa akan dibekali materi terlebih dahulu dan diminta untuk membuat ide produk. Jika nanti ada hasil produk tersebut gagal maka kita akan memberikan masukan,”tutur Mintarti sebagai dosen pengampu mata kuliah Bisnis Kreatif.


Drs.ec. Bambang Budiarto M.Si. selaku Ketua Jurusan Ilmu Ekonomi menuturkan banyak aktifitas di mata kuliah bisnis kreatif yang dapat dipelajari termasuk mendatangi unit ekonomi kreatif.“Sesuai dengan taglineUbaya Learning Beyond The Classroom, mahasiswa dapat belajar dari aktifitas di luar kampus. Mereka tidak hanya sekedar datang, melihat, mempraktekkan, mampumemprofilekan ide tersebut, kemudian mengexplorekan dan dapat mengembangkan ide tersebut untukdipasarkan,” tuturnya.Melalui kegiatan ini diharapkan mahasiswa dapat mengembangkan ilmu ekonomi kedalam bisnis kreatif dan menjadi peluang bisnis atau usaha yang nantinya dapat diperhitungkan tambah BambangBudiarto.

Update: 18-05-2018 | Dibaca 963 kali | Download versi pdf: Mahasiswa-Ilmu-Ekonomi-Ubaya-Gelar-Pameran-Produk-Bisnis-Kreatif.pdf