Pengakuan Internasional Program Studi Teknik


  • 29-03-2018
  • Fadjar Efendy Rasjid

SURABAYA – Universitas Surabaya (Ubaya) dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) mendapatkan akreditasi internasional. Raihan tersebut diberikan langsung oleh Indonesia Accreditation Board for Engineering Education (IABEE) sebagai lembaga akreditasi berstandar internasional.

Program studi (prodi) ITS yang mendapatkan akreditasi internasional adalah teknik kelautan. Adapun Ubaya adalah prodi teknik elektro, kimia, dan industri. Pencapaian tersebut sekaligus menjadi upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan. IABEE merupakan lembaga yang mengacu pada Washington Accord. Yakni, organisasi sebagai standar akreditasi internasional di bidang teknik. Karena itu, mendapatkannya tidak mudah.

Kepala Departemen Teknik Kelautan ITS Dr Eng Rudi Walujo Prastianto mengatakan, proses untuk mendapatkan akreditasi dilangsungkan sejak November 2017. Departemen teknik kelautan sendiri sudah terakreditasi A oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Teknik kelautan menjadi prodi pertama yang meraih akreditasi internasional dari IABEE. "Ini jadi suatu kebanggaan sendiri," ungkapnya.(ayu/c15/dio)

dikutip dari Jawa Pos, 28 Maret 2018

Update: 29-03-2018 | Dibaca 503 kali | Download versi pdf: Pengakuan-Internasional-Program-Studi-Teknik.pdf