Sosialisasi E-Filling Tax Center Di Universitas Surabaya Melalui Talk Show Radio On The Spot


  • 08-03-2018
  • Fadjar Efendy Rasjid

Menjalakan fungsi pelayanan publik dan wajib membayar pajak adalah dua hal yang harus dapat berjalan bersama-sama. Hal ini yang mendorong Tax Center Universitas Surabaya bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Pajak Kementrian Keuangan (Kasi Bimbingan Penyuluhan dan Pengelolah Dokumen) Kanwil DJP Jatim 1, Kasi Ekstensifikasi dan Penyuluhan KPP Pratama Surabaya, Gubeng untuk lakukan sosialisasi e-Filling. Pembicara kali ini adalah Purnomolastu, Ak., M.M. selaku Kepala Kaprodi Perpajakan Politeknik Ubaya, Ketua Tax Center Ubaya dan Tax Center Jatim, Ir. Tatiek Arjani, selaku Direktorat Jenderal Pajak Kementrian Keuangan, Apriana Trihardini, SE.M.M. Pada kesempatan kali ini Radio Sonora turut menyiarkan secara liveOn the Spot Tax Center Universitas dan sosialisasi penggunaan e- Filling pada Selasa, 06/03/2018 bertepatan di Gedung D3 Perpajakan Politeknik Ubaya, Ngagel.

Sosialisasi di peruntuhkan bagi masyarakat agar menjadi wajib pajak yang baik. Warga wajib melapor dan membayar pajak tepat waktu. “Universitas merupakan tempat wajib pajak potensialtermasuk Ubaya. Hal ini mengingat Surabaya terdapat 9 universitas yang memiliki Tax Center termasuk Ubayasebagai sarana sosialisasi tentang pajak”,ungkap Drs.N. Purnomolastu.E-Filling adalah cara penyampaian SPT tahunan PPh secara elektronik yang di lakukan secaraonline dan real time melakukan internet pada website DJP Online.

“Ketika sudah terdaftar maka akun DJP dapat di akses dengan menggunakan kode EFIN. EFIN adalah nomor identitas yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pajak kepada wajib pajak. Kemudian masyarakat akan hanya dapat membayar pajak secara online”,ungkap Ir. Tatiek Arjani, selaku Direktorat Jenderal Pajak Kementrian Keuangan (Kasi Bimbingan Penyuluhan dan Pengelolah Dokumen) Kanwil DJP Jatim 1.

Harapan dari pemicara dengan sosialisasi ini, semakin mendorong wajib pajak menggunakan layanan e-Filling (online).Sosialisasi disambut antusiasi oleh mahasiswa D3 Perpajakan Univeristas Surabaya, dan peserta lainnya yang tak jarang dari kalangan dosen dan karyawan Ubaya.