Ubaya Rajai Lomba Karya Tulis Ilmiah 2015


  • 18-09-2015
  • Fadjar Efendy Rasjid

RRI, Surabaya : Satu team mahasiswa Jurusan Akutansi Fakultas Bisnis dan Ekomika Universitas Surabaya (Ubaya) sabet Juara 1 Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI Competition) 2015, lomba yang di gelar Universitas Kristen Petra Surabaya (UK Petra).

Christina Dharmasaputri, Andreas Sugianto, dan Felicia Winata mampu merajai perlombaan tersebut. LKTI Competition 2015 tingkat Nasional ini kali pertama diadakan oleh UK Petra dengan mengangkat tema “Sustainability Accounting”.

Sustainability Accounting merupakan paradigma yang cukup baru dalam bidang akuntansi. Sustainability accounting ini berfokus pada tiga hal yaitu akuntansi keuangan, sosial dan lingkungan. Topik ini didasarkan pada konsep sustainable development, yaitu memenuhi kebutuhan hidup manusia sekarang tanpa mempengaruhi kemampuan generasi yang akan datang dalam hal pemenuhan kebutuhan hidupnya.

Melalui karya tulis ini, ingin mengingatkan kembali atau menyadarkan perusahaan-perusahaan di Indonesia dan profesi akuntan agar aware terhadap ancaman. Bukan hanya ancaman sosial dan lingkungan, namun juga dalam hal regulasi yang belum jelas dan tidak adanya punishment jika tidak mengimplementasikan pelaporan berkelanjutan. Adanya topik ini juga menyadarkan akan kurangnya profesi auditor yang dapat mengaudit laporan keberlanjutan, belum samanya pemahaman akan eksistensi dari akuntansi keberlanjutan.

Lomba ini sebagai dalah satu sarana untuk mengedukasi kawula muda yang bergerak di bidang akuntasi supaya lebih aware terhadap permasalahan yang terjadi di masyarakat. Dalam perlombaan kali ini, panitia memberlakukan sistem gugur atau penyeleksian menuju final dengan cara mengumpulkan makalah via email. Pengumuman team yang masuk babak final Agustus lalu membawa senyum 2 team dari Ubaya, diantaranya satu team yang terdiri dari Christina Dharmasaputri, Andreas Sugianto, dan Felicia Winata dan tim berikutnya beranggotakan Agnes Siamena, Andreas Tikara, dan Adi Chrisnugraha.

Keenam mahasiswa yang ikut bertanding berasal dari Jurusan Akutansi Fakultas Bisnis dan Ekonimika Ubaya. Final competition terpilih 5 team diantaranya 2 team dari Universitas Surabaya (Ubaya), 2 team dari Universitas Kristen Petra Surabaya (UK Petra), dan 1 team dari STIE Perbanas Surabaya.

Final competition yang di gelar 1 hari itu membuahkan hasil yang membanggakan nama Ubaya. Karya tulis ilmiah berjudul “Pendekatan Social Comparison Theory terhadap Penyajian Laporan Keberlanjutan di Indonesia” tim Ubaya sabet juara 1 LKTI Competition 2015, diantaranya Andreas Sugianto, Christina Dharmasaputri, dan Felicia Winata.  Hadiah berupa uang tunai  sebesar Rp 3.250.000,00 dan piagam.

“Senang bisa mendapatkan Juara 1 untuk Ubaya, kedepan saya ingin mengikuti lomba-lomba lain untuk menutup semester di Ubaya” terang Christina Dharmasaputri, Kamis (17/9/2015).

Kendala terbesar karena selama ini tidak begitu menguasai topik, dan selama proses penulisan karya tulis, Christina dkk bekerja  via online. Juara 2 diraih oleh mahasiswa dari STIE Perbanas, Juara 3 dari UK Petra, Juara 4 dari Ubaya, dan Juara 5 dari UK Petra. (ah/rpp)

Update: 18-09-2015 | Dibaca 5407 kali | Download versi pdf: Ubaya-Rajai-Lomba-Karya-Tulis-Ilmiah-2015.pdf