Main Game Sambil Belajar Matematika


  • 27-08-2015
  • Fadjar Efendy Rasjid

SURABAYA - Masih banyak yang sepakat bahwa matematika adalah mata pelajaran paling sulit. Shen Mei berupaya mencari solusi tentang hal tersebut. Dia lantas membuat aplikasi game cepat berhitung berbasis Android. "Berupa game. Jadi, anak tertarik untuk terus belajar," kata mahasiswa Universitas Surabaya (Ubaya) itu.

Sebelum memulai game, pengguna harus memiliki personal profile guna mempermudah penghitungan skor nanti. Dalam permainan tersebut, pengguna bertugas mengalahkan alien. Untuk dapat menembak alien, pemain harus menghitung soal yang muncul di layar. Nanti muncul tiga pilihan jawaban. "Kecepatan dan ketepatan dalam menghitung sangat berpengaruh," terang Mei. "Jika jawaban salah, alien akan makin mendekat," lanjutnya. Game itu terdiri atas soal penjumlahan, pengurangan, pembagian, dan perkalian.

Mahasiswa prodi multimedia jurusan teknik informatika fakultas teknik tersebut menyatakan bahwa pembuatan aplikasi itu berdasar pengamatannya selama berada di lapangan. Menurut Mei, masih banyak anak muda, bahkan orang dewasa yang lamban berhitung. Karena itu, dia membikin aplikasi game tersebut. "Bukan hanya untuk siswa SD. Orang dewasa juga boleh," ujarnya.

Game cepat hitung itu, menurut Mei, merupakan aplikasi game yang secara visual lebih menarik daripada yang lain. Sebab, gambar dan karakternya memiliki ciri khas. Yakni, setting luar angkasa yang membuat anak penasaran. Dengan begitu, anak tertarik belajar lebih dalam. "Ini game tidak hanya buat senang-senang. Ada unsur edukasi," ungkap dia.

Dalam pembuatannya, mahasiswi semester VIII itu mengalami kesulitan saat mencari fitur-fitur dalam menggunakan software AndEngine. Sebab, dia baru kali pertama memakai software tersebut. "Sering juga trial and error saat pemrograman," tandasnya. (ara/c14/ai)

Sumber: Jawa Pos, 27 Agustus 2015

Update: 27-08-2015 | Dibaca 6040 kali | Download versi pdf: Main-Game-Sambil-Belajar-Matematika.pdf