Kebahagiaan Lansia, Tujuan Penelitian Biopsikososial Fakultas Psikologi Ubaya


  • 12-08-2015
  • Fadjar Efendy Rasjid

Pada tanggal 2 Agustus 2015 lalu, Ruang Serbaguna Fakultas Psikologi (SGFP) Ubaya,dihiasi oleh kostum-kostumunik para lansia dari Kecamatan Rungkut, Tenggilis, Kendangsari, Penjaringan, dan Kenjeran. Tak hanya lansia, beberapa kecamatan juga nampak membawa tigagenerasi seperti anak dan cucunya. Mereka datang ke Ubaya untuk mengikuti serangkaian acara bertajuk“Dari Lansia, Oleh Lansia, Untuk Lansia”,yang diadakan oleh Fakultas Psikologi dalam rangka hibah penelitian fundamental dari Dikti. Kostum-kostum tersebut adalah salah satu atribut yang akan mereka gunakan untuk berlomba dalam acara iniyang merupakanhasil dari masukan dan perundingan dari para lansia, sehingga dapat mereka nikmati bersama.

"Acara ini bertujuan merancang strategi untuk membuat biopsikososial sehingga para lansia dapat merasakan kebahagiaan di usia lanjut," jelas Prof. Dr. Jatie K. Pudjibudojo, selaku ketua panitia.

"Kegiatan inibukan hanya merupakan kegiatan penelitian, tetapi juga diadakan dalam rangka ulang tahun ke-33 Fakultas Psikologi Ubaya. Kegiatan yang cukup banyak ini mencarikan hasil, kegiatan yang pas untuk lansia itu apa, sehingga bisa dikembangkan hingga Surabaya bisa menjadi kota yang ramah untuk para lansia," ujar Prof. Dr. Yusti Probowati R. selaku Dekan Fakultas Psikologi dalam kata sambutannya di awal acara.

Acara yang dimulai sejak pukul 08.00 WIBini,diisi oleh beberapa kegiatan yang sangat menarik dan bermanfaatyaitu pemeriksaankesehatan, lomba pakaian unik sambil melakukan senam, lomba memasak nasi goreng, lomba kerajinan daur ulang, dan juga lomba berjualan produk. Dalam satu sesi, Dr. Hartanti, M.Si., dosen Fakultas Psikologi juga memberikan beberapa materi tentang stres dan kebahagiaan. Hartantimenjelaskan mengenai bagaimana cara menghilangkan stres melalui 5 panca indra, relaksasi otot dan indra, serta terapi tawa. Penjelasan yang berlangsung seru ini tak jarang mengundang gelak tawa dari para peserta. "Tujuan hidup manusia itu adalah untuk mencapai kebahagiaan," ujarnya.

Acara hari itu masih akan berlanjut pada tanggal 8 Agustus 2015 mendatang. Dalam kelanjutannya akan diadakan lomba gerak dan lagu serta paduan suara. (mlv)

Update: 12-08-2015 | Dibaca 3787 kali | Download versi pdf: Kebahagiaan-Lansia--Tujuan-Penelitian-Biopsikososial-Fakultas-Psikologi-Ubaya.pdf