Fakultas Psikologi Universitas Surabaya Jalin Kerjasama Dengan Merpati Pilot School Dalam Rangka Pemantapan Karir Taruna Penerbang


  • 14-11-2014
  • Fadjar Efendy Rasjid

Pilot merupakan salah satu profesi yang menjanjikan karena faktor meningkatnya industri penerbangan di Indonesia. Selain itu secara historis profesi pilot memiliki status sosial yang tinggi di masyarakat, masyarakat menilai profesi pilot menjanjikan kemapanan ekonomi, identik dengan kegagahan karena dididik secara militer, memiliki ketrampilan tinggi dan risiko tinggi. Tidak dapat dipungkiri profesi pilot memiliki risiko tinggi misalnya mengalami kecelakaan dan dapat berdampak pada keselamatan pribadi dan orang lain yang menjadi tanggungjawab pilot. Untuk menjadi pilot harus melalui jalur pendidikan calon pilot salah satunya melalui jalur pendidikan pilot di Merpati Pilot School (MPS). MPS merupakan sekolah calon pilot di bawah Merpati Nusantara Airlines (MPA) yang menggunakan standar internasional.

Berkaitan dengan risiko tinggi, maka calon pilot harus memiliki mental yang kuat dalam menghadapi risiko, disiplin, ketrampilan terbang yang mumpuni, antisipasi risiko yang akurat, serta memiliki kemantapan karir. Pemantapan karir disadari sebagai hal yang penting bagi calon pilot taruna MPS karena profesi berisiko tinggi seperti yang diungkapkan kepala MPS Capt. Novi Isnurianto. Oleh karena itu MPS menjalin kerjasama akademis psikologis dengan Fakultas Psikologi Universitas Surabaya melalui program pemantapan karir taruna MPS.

Kerjasama dimulai dengan penandatanganan kesepakatan kerjasama antara MPS yang diwakili Managing Director Merpati Training Centre (MTC) Capt. Adi Avianto dan Fakultas Psikologi Universitas Surabaya yang diwakili Listyo Yuwanto, M. Psi, Psikolog pada tanggal 10 November 2014. Seusai penandatanganan kesepakatan kerjasama, tim Fakultas Psikologi Universitas Surabaya dan wartawan yang hadir diajak berkeliling melihat fasilitas MPS termasuk fasilitas simulator pesawat CN 235, F-27, MA-67, dan Cessna 172 dengan dipandu Capt. Herdono Sumantri. Tim Fakultas Psikologi juga mendapatkan kesempatan mengoperasikan simulator pesawat MA-60 dengan instruktur Capt. Herdono Sumantri dan Capt. Novi Isnurianto.

Program pemantapan karir dilaksanakan tanggal 10 dan 12 November 2014 kemudian akan ditindaklanjuti dengan program monitoring. Inti program pemantapan karir meliputi pemantapan diri terkait risiko dan menyeimbangkan makna kerja (work meaning) calling, career, dan job. Adanya kerjasama ini menunjukkan adanya kepercayaan masyarakat industri terhadap Fakultas Psikologi Universitas Surabaya sesuai dengan visi Fakultas Psikologi Universitas Surabaya tentang urban psychology.