Bangun Usaha Baru? Lakukan Tiga Point Berikut


  • 09-10-2014
  • Fadjar Efendy Rasjid

suarasurabaya.net - Untuk membangun usaha bagi pemula hanya memerlukan 3 point utama yakni bakat, strategi, dan mental.

"Bagi pengusaha muda, yang pertama harus memiliki bakat karena setiap orang diberikan bakat dan keunikan masing-masing, kedua tidak hanya punya bakat tapi juga harus memiliki strategi untuk menjual bakat kita dan terakhir adalah memiliki mental serta ketekunan yang kuat," kata Boni Soeherman Dosen Fakultas Bisnis dan Ekonomi Universitas Surabaya (Ubaya) saat diwawancarai Radio Suara Surabaya Selasa (7/10/2014) pagi.

Saat ditanya mengenai pengusaha muda yang takut untuk memulai bisnis, lanjut dia, sebenarnya ada sedikit paradigma yang kurang tepat di beberapa tempat pendidikan wirausaha karena masih menganut strategi bisnis tahun 80-an.

"Mereka belajar strategi bisnis versi Michael Porter yang dirancang tahun 80-an, dimana jaman tersebut sangat sulit untuk mencari modal usaha. Sekarang, jaman sudah berbeda sehingga mencari modal usaha relatif lebih mudah," kata Boni yang juga berprofesi sebagai trainer dan penulis buku-buku motivator.

Lanjut dia, untuk memulai bisnis awal itu kuncinya kembali lagi pada calon pengusaha.

"Kita harus menemukan bakat kita, rata-rata saya temui di lapangan yang membuat sulit adalah model bisnis. Mereka bisa buat produk yang baik, tapi tidak tahu bagaimana menjual produk mereka," ujarnya.(ono/dwi)

Editor: Dwi Yuli Handayani

Sumber: SuaraSurabaya.net

Update: 09-10-2014 | Dibaca 4424 kali | Download versi pdf: Bangun-Usaha-Baru--Lakukan-Tiga-Point-Berikut.pdf