Kolaborasi China – Indonesia


  • 19-08-2014
  • Fadjar Efendy Rasjid

KAMIS, 14 Agustus 2014 nampak sekerumunan mahasiswa dari China dan mahasiswa dari Yogyakarta berkumpul bersama mahasiswa Ubaya memadati Ruang Serba Guna Fakultas Psikologi Ubaya. Ya, mereka adalah mahasiswa dari Zhejiang University, Zhejiang University of Technology, dan Universitas Islam Indonesia. Kedatangan mereka tak lain dan tak bukan adalah untuk menghadiri dan berpartisipasi dalam Cross – Cultural Research Collaborations and Exchange Program (CRCEP) 2014.

CRCEP adalah kegiatan yang terbentuk setelah terjadi persetujuan antara dua negara terpadat di dunia tersebut. Sesuai namanya, tujuan akhir yang diharapkan dari program ini adalah untuk membuat jurnal – jurnal ilmiah internasional yang berkualitas. Sebanyak 20 penelitian akan dikerjakan oleh seluruh partisipan program ini.

CRCEP sendiri dibagi menjadi dua program, program di Indonesia dan program di China. Pada CRCEP tahun ini, program Indonesia-lah yang diadakan terlebih dahulu dan dilanjutkan dengan program di China. Program Indonesia sendiri meliputi serangkaian kegiatan di Surabaya dan Yogyakarta. Nah, tepat hari ini adalah hari pertama acara resmi CRCEP dimulai, diawali di Ubaya.

Diawali dengan sambutan dari sambutan Dekan Fakultas Psikologi Ubaya, program ini berlangsung seru dan interaktif. Penampilan dari tim Paduan Suara Ubaya makin menyemarakkan acara yang berlangsung selama tiga hari ini di Surabaya. Sambil sesekali menikmati coffee break, acara pada hari ini mengundang Dekan Fakultas Bisnis dan Ekonomika Ubaya, Suyanto, S.E., M.Ec.Dev., Ph.D dan Markus Hartono, S.T., M.Sc., Ph.D., CHFP sebagai pembicara dalam acara ini. Acara ini diakhiri dengan sesi diskusi yang berlangsung aktif mengenai riset penelitian yang akan dikerjakan. (dnl)

Update: 19-08-2014 | Dibaca 6663 kali | Download versi pdf: Kolaborasi-China-----Indonesia.pdf