Kualifikasi Global Bagi Mahasiswa Akuntansi Ubaya


  • 14-05-2014
  • Fadjar Efendy Rasjid

Perkembangan dunia semakin modern dan canggih, menuntut kualitas dan kualifikasi seseorang lebih tinggi agar dapat bersaing dalam dunia kerja. Apalagi persaingan dalam era global tidak hanya melibatkan warga dalam suatu negara saja, namun juga dengan warga negara lain. Memperoleh gelar strata satu saja tidaklah cukup, bila kita ingin sukses bekerja di lingkungan ekonomi global kita memerlukan kualifikasi yang diakui secara internasional.

Hal itulah yang berusaha disampaikan dalam seminar bertajuk “The Importance of International Qualification in Facing Global Economic Competition” yang diadakan pada 9 Mei 2014 lalu di ruang Serbaguna Fakultas Bisnis dan Ekonomika (SGFBE). Seminar yang diadakan oleh Jurusan Akuntansi FBE Ubaya ini merupakan hasil kerjasama dengan the Association of Chartered Certified Accountant (ACCA) sebuah badan akuntan global terbesar di dunia, yang berpusat di Inggris. Seminar ini juga menandai terbentuknya Momerandum of Understanding (MOU) antara Jurusan Akuntansi FBE dan ACCA.

Country Manager ACCA untuk Indonesia, Mulyadi Setiakusuma, mengatakan, “Pada tahun 2030, perekonomian Indonesia akan menjadi yang terbesar ketujuh di Dunia, namun dengan begitu persaingan di dunia kerja akan semakin ketat, apalagi dengan dibukanya ASEAN Economic Community (AEC)pada 2015 mendatang.” Dengan adanya MOU antara Jurusan Akuntansi FBE Ubaya dengan ACCA ini, mahasiswa Jurusan Akuntansi FBE Ubaya akan mendapat beberapa keuntungan bila studi di ACCA untuk memperoleh sertifikasi. “Tujuan kerjasama ini adalah agar mahasiswa Akuntansi Ubaya dapat bersaing secara global, dan menjadi gerbang untuk go international,” ujar perwakilan Dosen dari Jurusan Akuntansi FBE Ubaya. (mgl/wu)

Update: 14-05-2014 | Dibaca 8880 kali | Download versi pdf: Kualifikasi-Global-Bagi-Mahasiswa-Akuntansi-Ubaya.pdf