Kenalkan Jurnalistik Yang Khas Ala Jawa Pos


  • 05-03-2014
  • Fadjar Efendy Rasjid

SURABAYA - Dunia jurnalistik bisa sangat mengasyikkan. Apalagi, menulis berita berdasar pengalaman pribadi atau yang sering disebut journalism experience. Itu terasa pada ajang Jawa Pos Presents Workshop Proton Experience Goes to Campus kemarin (4/3).

Puluhan pelajar dari berbagai SMA di Surabaya dan mahasiswa Universitas Surabaya (Ubaya) antusias mengikuti pelatihan jurnalistik yang digelar di Gedung Perpustakaan Ubaya itu. Selain berdiskusi tentang tip menulis berita yang enak, mereka langsung praktik menulis pengalaman pribadi.

Direktur Jawa Pos Multimedia Corporation (JPMC) Joko Intarto mengatakan, kegiatan itu adalah upaya memperkenalkan jurnalistik Jawa Pos kepada mahasiswa. "Jurnalistik Jawa Pos berbeda dengan media lain," ujar Joko.

Joko menambahkan, Jawa Pos bekerja sama dengan Proton Malaysia yang punya program CSR di dunia pendidikan. Nah, pelatihan jurnalistik ini sebagai jembatan untuk mengenal mobil keluaran terbaru Proton. Yaitu, melalui jurnalism experience dengan test drive. "Konsep penulisan berita menceritakan apa yang dialami melalui test drive tadi," jelasnya.

Pelatihan jurnalistik itu sudah berlangsung lima kali. Sebelumnya diselenggarakan di PPM School of Management Jakarta, President University Cikarang, Universitas Pembangunan Jaya Bintaro, dan UPI Bandung. Selanjutnya, pelatihan jurnalistik Jawa Pos dengan Proton digelar di Universitas Hasanudin Makassar dan Universitas Sumatera Utara, Medan.

Branch Manager Proton Edar Surabaya Robby Gunawan mengaku sangat mendukung event tersebut. (ayu/c2/dos)

Sumber: Jawa Pos, 5 Maret 2014

Update: 05-03-2014 | Dibaca 10253 kali | Download versi pdf: Kenalkan-Jurnalistik-Yang-Khas-Ala-Jawa-Pos.pdf