Perdalam Pengetahuan Akuntan Publik Melalui Kuliah Tamu


  • 06-11-2013
  • Fadjar Efendy Rasjid

Pada 30 Oktober 2013silam tepatpukul 18.00, prodi Akuntansi Politeknik Ubaya mengadakankuliah tamu yang bertempat di ruang B1.1 dengan tema ‘Prospek Profesi Akuntan Publik’. Kuliah tamu ini dihadiri oleh pembicara dari Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) selaku Direktur Eksekutif wilayah Jawa Timur yaitu Bapak Sigit Kurnianto, SEAkSAS.

Acara ini dihadiri oleh 39 mahasiswa semester 3 prodi Akuntansi dan satudosen pendamping. Dalam acara ini materi yang disampaikan mengenai bagaimana profesi dan prospek kerja seorang akuntan publik serta dijelaskan pula bagaimana cara seorang auditor dalam memeriksa laporan keuangan suatu perusahaan. Selain materi tersebut pembicara juga menjelaskan bagaimana agar seorang akuntan publik bisa mendirikan kantor akuntan publik sendiri dan dapat memberikan opini untuk suatu laporan keuangan perusahaan. Agar dapat melakukan hal tersebut maka seorang akuntan publik harus mendapat gelar Certified Public Accountant(CPA). Pembicara juga menyampaikan bagaimana cara mahasiswa D3 bisa memperoleh gelar CPA dan Certified Accountant(CA)yaitu gelar untuk seorang yang ingin memperoleh keahlian dalam bidang akuntansi keuangan.

Di sela acara berlangsung terdapat pertanyaan dari beberapa mahasiswa khususnya tentang bagaimana profesi akuntan publik dan seberapa penting gelar CPA untuk seorang akuntan. Kuliah tamu ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa untuk memberikan wawasan pengalaman yang mengkombinasikan teori dan praktik dalam kegiatan bisnis sehari-hari. Oleh karena itu prodi Akuntansi berkomitmen untuk terus mengadakan acara ini dengan mendatangkan pakar-pakar praktisi yang tidak perlu diragukan lagi kompetensinya.

Update: 06-11-2013 | Dibaca 7153 kali | Download versi pdf: Perdalam-Pengetahuan-Akuntan-Publik-Melalui-Kuliah-Tamu.pdf