Product Launching Pada Praktik Matakuliah Strategi Pemasaran JMFBE Ubaya


  • 09-07-2013
  • Fadjar Efendy Rasjid

Kreatifitas dan inovasi sangat dibutuhkan untuk menghadapi masa depan, khususnya di bidang bisnis. Persaingan bisnis yang semakin ketat menuntut pelaku usaha untuk mampu berpikir cepat, tepat dan kreatif.

JMFBE Universitas Surabaya, melalui mata kuliah Strategi Pemasaran, membantu mempersiapkan mahasiswa agar mempunyai fondasi yang kuat sebagai pemasar tangguh. Mahasiswa dituntut untuk memiliki pemahaman yang benar tentang customer, pasar dan persaingan.

Proses belajar bukan hanya terjadi di ruang kelas, tetapi juga terjadi di luar ruang melalui tugas projectkelompok. Secara team, mereka harus mencari ide sebuah produk yang akan diluncurkan ke pasar. Mahasiswa diwajibkan membuat reportdalam bentuk marketing plan danstrategi pemasaran dan di akhir semester, teammemperkenalkan produk tersebut dalam bentuk product launching.

Melalui projectunggulan FBE ini diharapkan mahasiswa bukan saja memiliki pengetahuan mengenai pemasaran, tetapi juga mengasah soft skillyang sangat dibutuhkan di dunia kerja, seperti communication skill, negotiation skill, leadership skilldan teamwork. Selain dibekali dengan knowledgedan skillyang bermanfaat, mahasiswa, juga ditempa untuk mempunyai attitudeyang baik seperti: disiplin, tanggung jawab, ulet dan berani.

Di bulan Juni 2013, ada dua teamyang mengadakan product launching yang masing-masing meluncurkansebuah produk yaitu Green Aqua dan Oreo Café. Green Aqua adalah produk yang memadukan air murni Aqua dengan serat alami untuk kesehatan. Sedangkan Oreo Café adalah café yang didirikan sebagai strategi channeling produk Oreo yang selama ini dikenal. Semua menu di café ini merupakan kreasi unik berbahan baku Oreo. Selamat untuk kedua team! Anda semua luar biasa!

Update: 09-07-2013 | Dibaca 11566 kali | Download versi pdf: Product-Launching-Pada-Praktik-Matakuliah-Strategi-Pemasaran-JMFBE-Ubaya.pdf