Indonesia Punya Superhero


  • 08-07-2013
  • Fadjar Efendy Rasjid

Kekayaan budaya dan tradisi di Indonesia adalah aset yang berguna untuk dimanfaatkan para komikus muda tanah air. Demikian sekelumit pesan yang disampaikan Hasmi, pengarang komik Gundala Putra Petir dalam Talkshow dan Workshop “Indonesia Punya Superhero”. Acara yang dimoderatori oleh Yoshi Norimaki dari Komunitas Marvel Indonesia ini terselenggara atas kerja sama Jurusan Teknik Informatika (Informatika, Multimedia, Sistem Informasi) Universitas Surabaya dengan Bee Comics. Acara yang diadakan pada hari Jumat, 5 Juli 2013 di Universitas Surabaya tersebut diikuti oleh berbagai kalangan, dari mahasiswa, siswa SMU dan SMK, berbagai komunitas penggemar komik seperti Komunitas Marvel Indonesia, dan juga berbagai komikus kota Pahlawan.


Melalui acara ini, Hasmi yang dikenal melalui karya legendarisnya Gundala Putra Petir, berkenan untuk membagikan pengalamannya dalam menciptakan komik superhero yang kental nuansa keIndonesiaan. Gundala yang memiliki kekuatan super itu dilukiskan dengan latar belakang yang begitu membumi, misalnya dengan kehadiran toko “Rahayu”, warung-warung, dan masih banyak nuansa Yogyakarta lainnya. Banyak anak muda Indonesia malu dengan budaya Indonesia karena dianggap tidak modern dan kurang bernalar, padahal ide serupa pernah ditampilkan di film barat dan dapat diterima secara nalar. Pemindahan barang dalam santet dianggap lebih tidak ilmiah dibandingkan teleport di Startrek. Menurut Hasmi, yang terpenting adalah penggarapannya, ide yang berkelimpahan dari budaya tanah air dapat diangkat menjadi cerita yang baik kalau digarap dengan serius dan tidak membodohi masyarakat.



Selain Hasmi, hadir pula beberapa komikus terkemuka Indonesia lainnya, di antaranya adalah Hendri dari Neo Paradigma dan Ardiansyah, komikus asal Tulungagung yang saat ini memiliki kontrak dengan DC Comics. Salah satu komik garapan Ardiansyah yang mengenalkan Indonesia adalah saat suasana kota Jakarta lengkap dengan tugu Monas dan baliho iklan Jokowi-Ahok ditampilkan dalam Little Jakarta, salah satu bagian kota Gotham dalam komik Batgirl.

Acara Talkshow yang meriah ini dilanjutkan dengan praktek menciptakan sketsa dan konsep superhero Indonesia. Sponsor-sponsor dari Indosat dan Faber Castle menyediakan hadiah bagi karya-karya superhero Indonesia terbaik yang dihasilkan melalui workshop ini.

Update: 08-07-2013 | Dibaca 5602 kali | Download versi pdf: Indonesia-Punya-Superhero.pdf