Puasa Menyehatkan Rohani Dan Jasmani


  • 19-07-2013

Menjalankan ibadah puasa sebulan penuh menjadi kewajiban bagi seluruh umat muslim di bulan penuh suci ini. Tentunya perkara kesehatan tetap tidak boleh dilupakan selama Ramadhan ini agar siap menyambut lebaran. Lantas apakah puasa baik bagi kesehatan?

DokterWahyudi Putra Pujianto memaparkan bahwa secara umum sebenarnya puasa itu sehat. Dikarenakan selama puasa kita dapat mengontrol makanan yang masuk ke tubuh. Puasa jugasemacam detoksifikasi atau penetralan racun dimana tubuh dilatih untuk menahan lapar sehingga tidak dapat sembarangan makan. Kemudian aktivitas yang dijalani, secara tidak langsung juga mendukung pembakaran kalori atau berolahraga.

“Jika kita mengikuti aturan puasa yang benar, maka sebenarnya puasa itu tidak ada minus-nya. Kecuali jika waktu jamnya buka maupun sahur kita tidak bangun dan akhirnya sakit, itu yang salah pada dirinya sendiri, bukan puasanya. Kalau pun sakit dapat dibantu dengan bantuan obat-obatan, jadi tidak ditemukan minus-nya dalam berpuasa.” jelasnya.

Bagaimana jika menderita penyakit tertentu?Memang ada kewajiban bagi umat muslim untuk menjalankan ibadah puasa namun untuk kondisi tertentu, berpuasa tidak wajib. “Ada beberapa kondisi tertentu yang memaksa seseorang tidak dapat berpuasa misal penderita diabetes dengan kadar gula yang terlalu tinggi, pasien di rumah sakit yang pada jam-jam tertentu harus minum obat serta wanita yang sedang mengandung dikarenakan ada janin yang harus terus mendapatkan asupan gizi.” ujarnya.

Lantas, bagaimana menjaga kondisi tubuh agar tetapfitselama berpuasa? Salah satu dokter umum di Klinik Ubaya ini tak segan untuk berbagi tips-tips yang baik selama menjalankan puasa, yaitu:

  • Tetap rutin sahur dan buka

Dianjurkan untuk melambatkan waktu sahur, misal subuh jam 4.15, kalau bisa kita sahur jam 3.45 – 3.50 supaya tidak terlalu lama menahan lapar. Dan kalau sudah waktunya buka harus segera buka, jangan menunda.

  • Kontrol makanan yang masuk dalam tubuh

Penting bagi kita untuk mengontrol makanan apa saja yang masuk selama kita sahur maupun buka. Karena jika kita makan macam-macam makanan nanti akan menyebabkan perut sakit dan akhirnya puasa akan batal.

  • Perbanyak konsumsi air putih

Jika bisa konsumsi air putih 2,5 – 3 liter/hari. Jangan semuanya dikonsumsi secara langsung, namun kalau bisa minum sedikit-sedikit asal tetap memenuhi target tersebut untuk mencegah dehidrasi.

  • Konsumsi makanan bergizi komplit

Dimana harus ada karbohidrat, protein, dan mineral. Untuk memenuhi gizi teresebut tidak harus dengan daging namun kita dapat menggantinya dengan sayur, misal kacang-kacangan yang mengandung protein tinggi. Jadi vegetarian pun masih mampu dan kuat menjalankan ibadah puasa dengan gizi yang tetap terkontrol.

  • Kurangi konsumsi daging, perbanyak sayur dan buah

Semakin bertambah usia, tidak baik apabila mengkoonsumsi daging terlalu banyak karena nantinya akan banyak menimbulkan penyakit lainnya. Lebih baik kebutuhan gizi dipenuhi melalui sayuran dan buah-buahan yang baik bagi kesehatan. Misal untuk karbohidrat yang komplek dapat kita penuhi lewat gandum di roti.

  • Tiru pola makan penderita diabetes

Dimana penderita diabetes makan 3x makan besar dan 2x snack dengan kandungan gizi yang tetap terkontrol. Yang dimaksud disini adalah jangan kita tidak makan karena diet atau malas kemudian memforsir makan porsi besar di awal ataupun akhir. Karena lambung kita ibarat memorydimana lambung akan mengeluarkan asam lambung pada jam-jam tertentu pada saat kita biasa makan. Jadi apabila kita makan tidak pada jam biasa kita makan lantas makan terlalu banyak, nantinya menimbulkan luka pada lambung yang akibatnya akan terasa perih.

  • Bantu dengan asupan suplemen dan vitamin

Apabila menderita penyakit tertentu misalkan maag dan ingin berpuasa fulldapat dibantu dengan asupan obat-obatan, vitamin c, serta suplemen untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

  • Lengkapi dengan olahraga

Dengan berolahraga akan membantu meningkatkan stamina tubuh. Walapun secara tidak langsung dengan beraktivitas kita sudah membakar kalori, namun alangkah lebih baik didukung dengan olahraga.

Jadi dengan berpuasa, tidak hanya amal ibadah yang kita dapatkan, namun kesehatan jasmani juga karena ternyata puasa menyehatkan. Selamat menunaikan ibadah puasa!(nsy/wu)

Update: 19-07-2013 | Dibaca 9505 kali | Download versi pdf: Puasa-Menyehatkan-Rohani-Dan-Jasmani.pdf