Mengatur Pola Makan, Bukan Sekedar Menurunkan Berat Badan


  • 03-05-2013

Istilah ‘diet’ tentu sudah tidak asing lagi ditelinga kita, terutama bagi para perempuan. Diet sering kita lakukan untuk menjaga bentuk tubuh kita. Namun, sering kali banyak di antara kita tidak menerapkan diet sehat dan melakukan diet secara sembarangan yang tidak baik bagi tubuh.

“Diet sehat sendiri berarti mengatur pola makan yang sesuai dengan kebutuhan kita masing, bukan hanya sekedar menurunkan berat badan,” ujar dr Winnie Santosa dan drRizky Astagini Putri selaku dokter umum di poliklinik Ubaya. Perbanyaklah makanan yang berserat dan juga disarankan untuk melakukan olahraga setiap harinya minimal 15-30 menit. Olahraga ini dapat dilakukan dengan alat-alat bantu olahraga ataupun olahraga berenang, namun jika tidak bisa melakukan olahraga tersebut secara rutin, paling minimal jalan kaki setiap harinya. Istirahat yang cukup juga penting selama melakukan diet dan hindarilah stress serta tekanan yang terlalu berat.

Selama diet, kitapun harus tetap makan tiga kali sehari, sebab lambung harus tetap terisi agar tidak terserang penyakit. Tidak ada batasan waktu selama melakukan diet, namun biasanya porsi diet ini dibedakan sesuai tinggi dan berat badan tiap-tiap orang. Selain itu, juga ada diet bagi para penderita penyakit, seperti bagi penderita kolestrol harus mengurangi konsumsi makanan berlemak, penderita darah tinggi mengurangi konsumsi garam atau makanan yang asin, dll. Bagi diet seperti ini, harus mulai dilakukan sejak terserang penyakit tersebut dan dilakukan secara rutin agar kesehatan tubuh kembali terjaga.

Diet yang sembarangan akan membuat daya tahan tubuh menurun dan akan mudah terserang penyakit. Jika tetap dilanjutkan, maka akan berakibat fatal bagi pelakunya. Karena itu, sangatlah disarankan untuk tetap memperhatikan kondisi tubuh dan melakukan diet yang sehat.(gk/wu)

Update: 03-05-2013 | Dibaca 2738 kali | Download versi pdf: Mengatur-Pola-Makan--Bukan-Sekedar-Menurunkan-Berat-Badan.pdf