Ecosan, Kloset Bernilai Plus


  • 19-03-2013

Pernahkan kalian memikirkan nilai plus dari sebuah kloset selain sebagai pembuangan akhir? Mungkin salah satu terobosan yang telah digarap oleh Ubaya, Ecological Sanitation (Ecosan) akan memberikan jawabannya. Jika kita lihat, semua kloset yang ada di UTC tidak memiliki bentuk yang berbeda dengan kloset pada umumnya, hanya saja Ecosan memiliki ciri khas tersendiri yang tidak bisa kita temui dikloset manapun.

 
Ciri khas ini terletak pada saluran pembuangan. Jika kloset biasa urin maupun feses dibuang melalui satu lubang saja, sedangkan Ecosan memiliki dua saluran pembuangan untuk membedakan jalannya urin dan feses.
Pembuatan Ecosan pada tahun 2006 silam ini terinspirasi dari kebiasaan manusia yang gemar mengkonsumsi makanan dari bahan terpilih, tetapi limbah yang dikeluarkan ditimbun dalam tanah atau dibuang ke sungai atau laut. Sehingga siklus mata rantai makanan terputus sehingga mengakibatkan nutrisi tanah semakin kurus.
 
Oleh karena itu, dengan memanfaatkan Ecosan semua hasil sisa akhir manusia yang berasal dari nutrisi tanah bisa dikembalikan untuk memperbaiki kesuburan tanah melalui beberapa tahap, seperti proses penguraian alami sekitar enam bulan untuk fases dan tiga sampai empat bulan untuk urin, bisa ditambah bakteri pengurai tambahan sebagai starter atau cacing tanah untuk mempercepat proses penguraian. “Sejauh kontruksi perpipaan dan tanki dalam keadaan tidak rusak atau bocor, maka tidak ada dampak yang ditimbulkan baik bau ataupun yang lainnya,” jelas Khoirul Anam selaku Plan and Development Support IOC Ubaya.
 
Disisi lain, Ecosan juga bernilai tambah karena dengan teknologinya dapat dijadikan pembelajaran dalam program pendidikan lingkungan di UTC dengan cara menginformasikan bahwa kotoran manusia dapat dimanfaatkan untuk memperbaiki kesuburan tanah jika dikelola dengan baik, sedangkan jika sebaliknya dapat menjadi sumber penyakit.“Kedepannya, Ecosan akan terus mengalami perkembangan terutama teknologi yang pengaplikasiannya sesuai di Indonesia,” tutup pria yang hobi olahraga ini. (cyn/wu)
Update: 19-03-2013 | Dibaca 2545 kali | Download versi pdf: Ecosan--Kloset-Bernilai-Plus.pdf