Kerjasama Ubaya Sampai Jauh Ke Negeri Formosa


  • 13-11-2015

Ilmu dan pengetahuan bisa di dapat di mana saja, baik di negeri sendiri ataupun luar negeri.Drs.ec.Sujoko Efferin,M.Com(Hons).,M.A.,Ph.D.,selaku Director Office Of Institutional Cooperation, menyetujui hal tersebut. Dengan menyadari pentingnya mencari ilmu sampai luar negeri, makademi kemajuan pendidikan Ubaya beliau mengadakan kunjungan ke tiga Univertas yang sudah mempunyai namabesardi Taiwan.Ingin tahu lebih lanjutnya bagaimana? Simak wawancara tim Warta Ubaya berikut ini!

Q: Apa saja kegiatan yang Bapak lakukan selama berkunjung di sana?

Hal pertama yang saya lakukan adalah mendampingi mahasiswa Maxsi Fbe di National Taiwan University of Science and Technology(NTUST)untuk melakukan kunjungan dan pendatanganan MoU. Kedua, saya berkunjungdi ShihChienUniversitydimana saya akan menemani mahasiswa untuk melakukan pendatanganan MoU beserta diskusi tentang pembukaan join degreeyang akan dilangsungkan oleh Ubaya dengan Shih Chien. Terakhir saya menemani para mahasiswa ke Tzu ChiUniversitydalam rangka mengunjungi Fakultas Kedokteran. Kami melakukan hal ini karena kami akan menjajahi peluang kerjasama dengan fakultas Ubaya kedokteran yang akan segera dibuka.

 

Q: Apa kelebihan yang dimiliki oleh ketiga Fakultas tersebut hingga Ubaya memilih untuk mengunjunginya?

Banyak sekali kelebihan yang dimiliki. NTUST adalahsalah satu universitas terbaik di Taiwan yang telah mendapat akreditasi tinggioleh“The Association to Advance Collegiate Schools of Business” atau yang biasa dikenal denganAACSB. AACSB ini semacam lembaga akreditasi khusus untuk hal-hal yang terkait dengan manajemen. Pada Universitas Shih Chien, memiliki kekuatan industriyang cukup dikenaldan salah satu universitas terbaik dunia apabila yang dibicarakan adalah tentang fashion. Serta Universitas Tzu Chi yang terdapat taman di kelasnya mengajarkan banyak nilai moral. Seperti menananamkan budi pekerti, cinta kasih, kepedulian dan ketidakegoisan.

 

Q: Bentuk kerjasama seperti apakah yang terjalin pada akhir kunjungan?

Alhamdulillah, Ubaya berhasil bekerjasama dengan tiga universitas berskala internasional tersebut. Yang pertama itu adanya penandatanganan WHO serta studi banding mahasiswa Ubaya oleh NTUST, membuka jointdegree semseter depan di FBE (Fakultas Bisnis dan Ekonomika) serta terbentuknya Fakultas Industri Kreatif yang dibantu oleh Universitas Shih Chien. Sementara ketika mengunjungi Tzu Chi Unversity, saya menemani mahasiswa mengunjungi Fakultas Kedokteran dan mencari peluang kerjasama dengan Fakultas kedokteran Ubaya yang akan segera dibuka.

 

Q: Menurut Bapak, apa tujuan Ubaya mengadakan kunjungan seperti ini?

Kunjungan ini dilakukan untuk memperluas jaringan Ubaya dengan unit-unit Taiwan seperti pertukaran pelajar, penelitian serta jointdegreeseperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya. Hal-hal ini tentu saja bisa membuahkan manfaatbesar bagi mahasiswa-mahasiswi aktif Ubaya yang menimba ilmu dengan sungguh-sungguh.

 

Q: Terakhir, apakah ada pesan pesan untuk Ubaya?

Semoga Ubaya ke depan bisa menjadi Universitas yang tidak hanya mengajarkan kebaikan, tetapi mewujudkannya dalam praktekkerja yang terjun langsung kemasyarakat. Harapannya tentu saja semoga kunjungan semacam ini bisa menginspirasidan membuatmahasiswa-mahasiswi Ubaya sebagai agent of changeyang tidak sekedar embel-embel namun langsung secara nyata.

Nah, setelah kita mengetahui ‘secuil’ kerjasama yang dimiliki Ubaya dengan universitas luar, apa tidak rugi kalau kita tidak memanfaatkan fasilitas yang sudah disediakan? Jadi? Be brave, be the change! Tuntut ilmu setinggi-tingginya! (re6)

Update: 13-11-2015 | Dibaca 3657 kali | Download versi pdf: Kerjasama-Ubaya-Sampai-Jauh-Ke-Negeri-Formosa.pdf