Resume Lokakarya Cardiology Pharmacist Care® Course


  • 07-07-2010
  • Fadjar Efendy Rasjid

Dalam rangka penyelengaraan pendidikan berkelanjutan, Fakultas Farmasi Universitas Surabaya kembali bekerja sama dengan Universiti Sains Malaysia mengadakan lokakarya Cardiology Pharmacist Care® Course yang telah berlangsung pada tanggal 11-12 Juni 2010 dan bertempat di gedung FF lantai 1 Universitas Surabaya. Lokakarya ini merupakan kali kedua hasil kerjasama Fakultas Farmasi Universitas Surabaya dengan Universiti Sains Malaysia setelah pada tahun 2009 mengadakan lokakarya serupa dengan tema “Nephrology Pharmacist Care®.”  Pada lokakarya ini dihadirkan pembicara dari  Department of Clinical Pharmacy Universiti Sains Malaysia yaitu Prof. Dr. Yahaya Hassan dan Associate Prof. Dr. Noorizan Abdul Aziz serta pembicara dari Department of Pharmacy Practice International Islamic University, Malaysia yaitu Dr. Zainol Akhbar Bin Zainal.

Lokakarya yang juga dihadiri oleh Ketua Pengurus Daerah Ikatan Apoteker Indonesia Jawa Timur, Drs. Sugiyartono, M.S., Apt., ini diawali dengan laporan Ketua Panitia yang menyebutkan bahwa peserta lokakarya sebanyak 73 Apoteker dari Rumah Sakit, Apotek, Perguruan Tinggi dan Pemerintahan di berbagai wilayah Indonesia, diantaranya Jakarta, Semarang, Solo, Surabaya, Bali, NTB, Balikpapan, Samarinda, dan Manado. Selanjutnya, lokakarya dibuka oleh Dekan Fakultas Farmasi Universitas Surabaya, Dra. Endang Wahjuningsih, MS, Apt.

Hari pertama lokakarya terdiri atas 5 sesi yang disajikan oleh 2 pembicara. Pada sesi I, Prof. Dr. Yahaya Hassan menyajikan materi tentang Cardiology Pharmacist Care Skill yang mencakup konsep pelayanan farmasi, update tentang literatur-literatur kardiovaskuler terkini dan Cardiovascular Pharmacogenomics.

Sesi II dilanjutkan dengan materi Outpatient Cardiology: Pharmacist Care® bagian I yang membahas tentang pelayanan farmasis pada pasien hipertensi dan dislipidemia serta perkembangan terkini terapi hipertensi. Selanjutnya pada sesi III, Dr. Zainol Akhbar Bin Zainal menyajikan Outpatient Cardiology: Pharmacist Care® bagian II yang melanjutkan pembahasan tentang perkembangan terkini terapi hipertensi serta pelayanan farmasis pada pasien angina. Di akhir tiap bagian juga dipaparkan tentang peran farmasis dalam penatalaksanaan drug related problems yang dapat terjadi pada pasien hipertensi, dislipidemia, dan angina.

Pada sesi IV dan V, kedua pembicara mengajak peserta untuk terlibat dalam penyelesaian beberapa studi kasus terkait dengan penatalaksanaan drug related problems pada pasien Ischemic Heart Disease (IHD) dan pasien Congestive Heart Failure (CHF), kedua sesi ini diakhiri dengan presentasi dan diskusi kelompok terkait studi kasus yang diberikan.

Hari kedua lokakarya terdiri atas 3 sesi yang disajikan oleh 3 pembicara. Pada sesi I, Associate Prof. Dr. Noorizan Abdul Aziz menyajikan materi tentang Critical Care Cardiology, Hemodynamic Monitoring, pelayanan farmasis pada pasien Acute Coronary Syndrome (ACS), Arrhythmias dan Cardiogenic Shock, perkembangan terkini tentang penatalaksanaan ACS, dan peran farmasis dalam cardiac rehabilitation. Sesi I ini diakhiri dengan studi kasus dan diskusi kelompok.

Sesi II dan III dilanjutkan dengan Cardiology Pharmacy Clinics bagian I dan II yang disajikan oleh ketiga pembicara, Prof. Dr. Yahaya Hassan, Associate Prof. Dr. Noorizan Abdul Aziz dan Dr. Zainol Akhbar Bin Zainal. Secara umum, kedua sesi ini membahas tentang peran farmasis dalam pelayanan klinis, perkembangan terkini dalam penatalaksanaan CHF dan pencegahan venous thromboembolism. Ketiga pembicara juga menyajikan CHF Clinic dan Anticoagulant Clinic yang diakhiri dengan studi kasus dan diskusi kelompok.

Lokakarya yang ditutup oleh Dekan Fakultas Farmasi Universitas Surabaya ini secara keseluruhan berjalan dengan baik dan mendapat tanggapan positif dari peserta. Berdasarkan hasil evaluasi, peserta yang hadir mendapatkan manfaat dari materi yang disajikan dan mengharapkan lokakarya seperti ini akan tetap berkelanjutan dengan mengangkat topik-topik penatalaksanaan penyakit lainnya sehingga dapat memberikan tambahan pengetahuan kepada farmasis dan secara tidak langsung bermanfaat kepada pasien. 

Update: 07-07-2010 | Dibaca 17842 kali | Download versi pdf: Resume-Lokakarya-Cardiology-Pharmacist-Care---Course.pdf