Manfaat Menulis Artikel Di Web Ubaya


  • 17-12-2012

Listyo Yuwanto

Fakultas Psikologi Universitas Surabaya

Web ubaya memberikan banyak manfaat terutama informasi-informasi penting seputar ubaya. Penulis adalah salah seorang yang mendapatkan manfaat dengan menulis dan membaca web ubaya.Berikut beberapa artikel penulis di web ubaya yang memberikan manfaat lanjutan.

  1. Artikel-artikel dengan tema aplikasi psikologi bagi pengungsi Merapi. Artikel-artikel tersebut menginspirasi penulis untuk membuat buku dengan tema psikologi bencana. Terdapat 2 buku hasil tulisan penulis bersama rekan dosen dan mahasiswa, buku pertama dengan judul kebersamaan dalam menerapkan psychology for disaster. Buku kedua butir-butir mutiara pencerahan : refleksi kami di Merapi. Semua buku tersebut telah ber ISBN.

  2. Artikel tentang technostress. Tulisan ini memberikan manfaat bagi penulis karena digunakan referensi salah satu majalah terkemuka di Indonesia yaitu Femina. Penulis menjadi narasumber berita tentang technostress. Menjadi kebanggaan penulis karena bisa menjadi narasumber.

  3. Artikel tentang fungsi psikologis make up. Belum banyak penelitian di Indonesia tentang fungsi psikologis make up. Artikel ini menginspirasi beberapa mahasiswa fakultas psikologi yang memiliki ketertarikan terhadap make up meneliti fungsi make up dari tinjauan psikologi. Manfaat yang didapatkan fungsi pikologis make up yang selama ini belum dibuktikan secara empiris telah diteliti mahasiswa fakultas psikologi ubaya sehingga karya skripsi mereka dapat menjadi referensi penelitian sejenis.

  4. Artikel tentang mobile phone addict. Artikel ini memberi inspirasi penulis untuk melanjutkan beberapa penelitian sejenis sehingga dapat diterbitkan menjadi buku ber ISBN dengan judul mobile phone addict. Buku ini dijadikan referensi utama beberapa mahasiswa fakultas psikologi ubaya dan bahkan di luar ubaya. Beberapa contoh mahasiswa yang menjadikan referensi dengan cara membeli buku tersebut melalui kontak ubaya adalah UII Jogja, UMS Solo, UPI Bandung, dan USU Medan.

  5. Artikel tentang rancangan program green economy bagi kesehatan psikologis lansia. Artikel ini merupakan kajian teoretis dan ide untuk penanganan kesehatan psikologis lansia dengan pendekatan terapi kerja. Beberapa mahasiswa psikologi tertarik menerapkannya dalam Program Kreativitas Mahasiswa dan mendapatkan dana dari DIKTI. Meskipun tidak berhasil mencapai final, program ini memberikan manfaat bagi lansia dan menjadi program lanjutan dengan meluaskan wilayah program.

Demikian sharing yang dapat penulis sampaikan. Semoga bermanfaat dan semoga web ubaya semakin maju. Salam.

Update: 17-12-2012 | Dibaca 6059 kali | Download versi pdf: Manfaat-Menulis-Artikel-Di-Web-Ubaya.pdf