Menjadi Youtuber


  • 21-05-2019

Fadjar Efendy Rasjid, S.Kom.
Staff Direktorat Sistem Informasi Manajemen

Youtube
Rasanya di era millenium ini, orang sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Youtube. Youtube adalah sebuah website berisikan video-video yang diunggah dari berbagai pihak. Video-video ini bisa dibagikan atau sekedar dinikmati sendiri secara gratis.

Terdapat berbagai macam video yang dapat diunggah ke situs ini, seperti misalnya video review wisata, video klip musik dari musisi tertentu, film pendek, film televisi, trailer film, video edukasi, video blog milik para vlogger, video tutorial berbagai macam aktivitas, dan masih banyak lagi.

Youtube sendiri mulai berdiri semenjak bulan Februari 2005. Markas besar Youtube berada di San Bruno, California, Amerika Serikat yang diprakasai oleh tiga orang founder Youtube, yaitu Chad Hurley, Steven Chen, dan Jawed Karim. Website yang kini memuat miliaran video ini berkembang sangat pesat dari awal pertama kali didirikan. Pada tahun 2006 di bulan November, bahkan Google membeli Youtube dengan harga US$ 1,65 miliar.

YouTube berawal sebagai sebuah perusahaan teknologi rintisan yang didanai oleh investasi senilai $11,5 juta dari Sequoia Capital antara November 2005 dan April 2006. Kantor pertama YouTube terletak di atas sebuah pizzeria dan restoran Jepang di San Mateo, California. Nama domain www.youtube.com aktif pada 14 Februari 2005 dan situs ini dikembangkan pada bulan-bulan berikutnya.

Dan Pada bulan Oktober 2006, Google Inc. mengumumkan bahwa mereka telah membeli YouTube dengan nilai $1,65 miliar dalam bentuk saham.

Youtube mendapatkan penghasilannya dari iklan yang ditampilkan dalam video-video youtube diputar. Iklan tersebut dinamakan dengan Google AdSense, sebuah program yang menawarkan pembayaran berdasarkan tingkat frekuensi sebuah video diputar.


Menjadi Youtuber
Kalau anda yang mempunyai kemampuan bisa mengedit video atau hobi membuat video, tidak ada salahnya anda menjadi seorang youtuber.

Seseorang yang dapat disebut sebagai youtuber apabila ia telah mampu memanfaatkan youtube sebagai media untuk berbagi video yang dibuatnya. (Berupa kreativitasnya, baik itu adalah film pendek (Short Movie), Video Review, Video Klip Lagu, Tutorial, Daily Vlog) dan lain sebagainya.

Selain itu umumnya mereka yang disebut sebagai YouTuber karena telah memiliki popularitas dan cukup terkenal dan telah mampu menggunakan youtube sebagai salah satu media online untuk memperoleh uang terutama dari pengiklanan monetisasi seperti google adsense.

Sehingga tidak lagi bisa dipungkiri bahwa Youtuber dapat disematkan kepada seseorang yang terkenal di YouTube dari aktivitasnya berbagi video. Terlepas dari semua tujuannya baik untuk terkenal maupun untuk memperoleh uang.

Jadi YouTuber adalah orang yang aktivitasnya rutin membagikan video secara online melalui YouTube baik untuk memperoleh popularitas maupun tidak, sekedar berbagi pengalaman atau ilmu.

10 YouTuber Terpopuler Indonesia  antara lain:

  1. Atta Halilintar
  2. Ria Richis
  3. Raditya Dika
  4. Sabyan Gambus
  5. Gen Halilintar
  6. Jess No Limit
  7. Miawaug
  8. Reza Oktovian
  9. Edho Zell
  10. Erphan1140

 

Sumber :
1. Matahaya.Com
2. Sepulsa.Com
3. Detik.Com
4. Jagad.Id

Update: 21-05-2019 | Dibaca 528 kali | Download versi pdf: Menjadi-Youtuber.pdf