Marhaban Yaa Ramadhan : Waktunya Kembali Berbagi


  • 06-05-2019

Listyo Yuwanto

Fakultas Psikologi Universitas Surabaya

Bulan Ramadhan kembali hadir, ucapan syukur umat Islam atas ijin Allah SWT karena kembali diberikan kesempatan bertemu bulan penuh berkah dan ampunan. Bulan Ramadhan sebagai bulan istimewa bagi umat Islam harus benar-benar dimanfaatkan untuk meraih berkahnya. Marhaban Yaa Ramadhan waktunya kembali berbagi.

Berbagi di bulan Ramadhan dapat diarahkan kepada empat hal yang merupakan komponen kehidupan. Pertama berbagi pada diri sendiri, kedua berbagi kepada orang lain, ketiga berbagi kepada tanaman, dan keempat berbagi kepada binatang. Berbagi kepada diri sendiri merupakan kewajiban pertama yaitu harus mampu membagi rezeki waktu, uang, dan tenaga fisik dan psikologis bagi diri sendiri. Artinya selama bulan Ramadhan, kita harus membagi rezeki waktu yang dimiliki untuk menyeimbangkan antara bekerja dan menjalankan semua ibadah wajib dan sunnah. Banyak amalan yang dapat dijalankan selama waktu bulan Ramadhan sehingga harus benar-benar dimanfaatkan dan tidak kehilangan waktunya. Berbagi uang artinya kita dapat membelanjakan uang kita untuk membeli keperluan yang menunjang ibadah selama bulan Ramadhan termasuk menggunakan uang untuk menjaga kesehatan sehingga tetap bugar dalam menjani puasa Ramadhan. Berbagi tenaga, selama dua puluh empat jam dalam sehari waktu bulan Ramadhan kita harus mampu mengatur tenaga sehingga masih memiliki energi fisik dan psikologis. Buat target ibadah yang dilakukan selama bulan Ramadhan dan usahakan tenaga dan semangatnya tetap terjaga dengan memotivasi diri sendiri.

Berbagi kepada orang lain, merupakan bentuk berbagi yang mudah ditampakkan karena faedahnya langsung dirasakan orang lain. Berbagi kepada orang lain dimulai dari yang sederhana, misalnya memberi sedikit rejeki kepada yang membutuhkan dalam bentuk uang, makanan, ataupun barang. Berbagi hal-hal yang dapat membantu orang lain untuk bahagia dan dapat menjalankan ibadah di bulan Ramadhan merupakan bentuk kepedulian kepada sesama manusia. Berbagi kepada orang lain di bulan Ramadhan tidak hanya sebatas kepada orang yang memiliki keyakinan yang sama, tetapi dapat juga dengan yang berkeyakinan lain sebagai bentuk relasi kemanusiaan dalam kehidupan.

Berbagi kepada tanaman, tanaman merupakan salah satu mahluk hidup ciptaan Allah SWT yang memiliki banyak manfaat kepada manusia. Mengingat banyaknya bencana alam yang terjadi terakhir ini, salah satunya adalah banjir dan longsor yang disebabkan kerusakan lingkungan alangkah baiknya di momen bulan Ramadhan kita juga menunjukkan kepedulian dengan berbagi kepada tanaman sebagai pelindung dari risiko bencana. Bentuk berbagi dengan cara merawat tanaman yang ada di sekitar kita seperti di tempat kerja, di pekarangan rumah, menyirami agar tidak kekeringan, tidak merusaknya, melestarikan tanaman di sekitar mangrove. Dengan demikian kita juga memiliki kepedulian kepada lingkungan hidup yang tidak hanya bermanfaat bagi kita sekarang ini tetapi juga dapat bermanfaat bagi kelangsungan hidup generasi penerus. Di sela-sela bekerja, Ibadah, dan menjaalankan peran sosial kemasyarakatan kita dapat melakukan kepedulian terhadap tanaman.

Berbagi kepada binatang. Seringkali kita mendengar kasus kekerasan manusia yang dilakukan terhadap binatang. BInatang yang tidak menganggu seperti kucing liar atau anjing liar diperlakukan tidak manusiawi hanya karena mereka meminta makanan. Binatang juga makhluk hidup ciptaan Allah SWT yang pasti ada tujuannya diciptakan. Sisihkan sedikit jatah makan kita untuk binatang yang membutuhkan karena di bulan Ramadhan kita punya rejeki satu kali makan yang tidak kita lakukan karena di bulan Ramadhan kita umumnya hanya makan di waktu sahur dan saat berbuka puasa.

Semua bentuk berbagi tersebut akan membuat kita belajar menjadi ikhlas dan peduli. Berbagi kepada diri sendiri, orang lain, tanaman, dan binatang menunjukkan pengakuan akan kebesaran penciptanya yaitu Allah SWT dan bentuk syukur kita ditemukan kembali bulan Ramadhan. Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

Update: 06-05-2019 | Dibaca 159 kali | Download versi pdf: Marhaban-Yaa-Ramadhan---Waktunya-Kembali-Berbagi.pdf