Pilihan Makanan Untuk Sahur Yang Sehat


  • 16-05-2018

Bulan Ramadan telah tiba. Bagi umat muslim, berpuasa selama satu bulan penuh menjadi ibadah wajib yang harus dilakukan sebagai bentuk ketaatan kepada Allah SWT. Dalam hal ini, agar Anda tetap kuat menjalani aktivitas sehari-hari meskipun sedang berpuasa, asupan makanan ketika sahur tentu menjadi perkara yang tidak boleh diabaikan. Ibaratnya, sahur merupakan pengganti sarapan bagi orang yang berpuasa. Supaya ibadah puasa berjalan dengan lancar hingga waktu berbuka, Anda harus memastikan bahwa kandungan gizi dan porsi makan sahur cukup untuk memberi cadangan energi seharian.

5 Pilihan Menu Sahur Sehat

1. Karbohidrat Kompleks
Karbohidrat merupakan zat gizi yang menjadi sumber energi utama bagi tubuh. Supaya Anda bisa lebih kuat dalam berpuasa, sebaiknya pilih jenis karbohidrat kompleks untuk dikonsumsi saat sahur. Beberapa jenis makanan yang memiliki kandungan karbohidrat kompleks di antaranya adalah gandum, nasi merah, sereal, oatmeal, serta kentang. Idealnya, konsumsi karbohidrat kompleks sebanyak satu sampai dua porsi untuk mencukupi kebutuhan energi sehari penuh.

2. Protein
Menu sahur sehat berikutnya yang juga tidak boleh Anda lupakan saat sahur adalah makanan sumber protein. Selain diperlukan untuk membantu memperbaiki dan membangun jaringan-jaringan di dalam tubuh, protein juga berperan penting untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Dengan mengonsumsi protein yang cukup di waktu sahur, maka Anda tidak akan mudah lemas atau sakit selama berpuasa. Adapun beberapa sumber protein yang dianjurkan untuk dikonsumsi saat makan sahur di antaranya adalah ikan, tempe, tahu, ayam, daging sapi, telur, keju yogurt, serta kacang-kacangan.

3. Sayur-Sayuran
Agar pencernaan tetap sehat dan lancar selama berpuasa, mengonsumsi bahan makanan yang kaya akan serat saat sahur juga tidak kalah penting untuk dilakukan. Sebab, selain dapat melancarkan pencernaan, bahan-bahan makanan yang banyak mengandung serat juga sangat baik untuk menjaga keseimbangan dan metabolisme tubuh. Adapun beberapa sayuran yang bisa Anda pilih untuk menemani makan sahur antara lain adalah brokoli, sawi, wortel, bayam, kacang panjang, serta sayur-sayuran berserat lainnya.

4. Buah-Buahan
Buah-buahan juga wajib menjadi menu makan sahur Anda. Sama seperti sayur-sayuran, buah juga kaya akan vitamin, mineral, serta, antioksidan yang dapat menjaga kebugaran tubuh selama berpuasa. Di samping itu, serat yang terkandung pada buah juga dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama karena cenderung mengalami proses pencernaan yang lama di lambung. Adapun beberapa buah yang bagus dikonsumsi saat sahur di antaranya adalah apel, kurma, alpukat, semangka, melon, pepaya, serta anggur.

5. Air Putih
Air sangat diperlukan oleh tubuh untuk melancarkan sistem pencernaan, menjaga metabolisme tubuh, serta mencegah dehidrasi. Karenanya, mencukupi kebutuhan cairan tubuh saat berpuasa juga sangat penting untuk dilakukan agar ibadah puasa berjalan dengan lancar. Setidaknya, minum empat sampai enam gelas air putih saat sahur dan berbuka agar daya tahan tubuh tetap terjaga dan Anda tidak mudah lemas selama berpuasa.

Dikutip oleh
Fadjar Efendy Rasjid
Sumber: Mandiri InHealth
 

Update: 16-05-2018 | Dibaca 537 kali | Download versi pdf: Pilihan-Makanan-Untuk-Sahur-Yang-Sehat.pdf