Apa Yang Bisa Anda Lakukan Dengan Gadget Anda?


  • 27-06-2013

Listyo Yuwanto

Fakultas Psikologi Universitas Surabaya

Kemajuan teknologi terakhir ini semakin pesat. Peralatan yang dulu hanya dalam bentuk bayangan manusia sekarang satu persatu telah dapat diwujudkan. Peralatan-peralatan modern terutama telepon genggam, komputer personal tablet, dan sejenisnya secara fungsional membantu pekerjaan manusia yang semakin kompleks. Meskipun pada dasarnya semakin kompleksnya pekerjaan manusia juga manusia sendiri sebagai penyebabnya.

Di sisi lain, kemajuan teknologi dengan segala macam kemudahannya, ternyata tidak semuanya memanfaatkan sesuai fungsinya bahkan membeli hanya untuk memenuhi rasa keinginan memiliki, membeli hanya untuk menunjukkan diri mampu membeli sebagai simbol status sosial yang tinggi, dan sebagai bentuk gaya hidup. Seringkali kita melihat orang-orang menenteng komputer tablet ke tempat-tempat perbelanjaan, namun digunakan tidak sesuai kebutuhannya, bahkan tidak digunakan sama sekali, hanya ditenteng-tenteng sambil berjalan-jalan. Hal ini yang menunjukkan teknologi tidak tepat guna.

Selain itu di tempat-tempat umum, pengguna gadget juga seringkali menyalakan fitur musik tanpa melihat kondisi sekitarnya. Satu orang menyalakan musik, yang lain juga menyalakan musik. Satu dikeraskan volumenya, yang lain makin dikeraskan volumenya. Jadi saingan volume, bukan tentang bagaimana menikmati musik dengan nyaman yang terjadi. Fenomena ini menambah daftar penggunaan teknologi tidak tepat guna karena perilaku penggunanya yang tidak didasari perilaku humanis.

Artikel ini semoga dapat membantu Anda untuk merefleksikan apa yang bisa Anda lakukan dengan gadget Anda. Silahkan Anda cocokkan Anda termasuk tipe orang pengguna gadget yang mana melalui pertanyaan-pertanyaan refleksi berikut.

Anda menggunakan gadget untuk membuat diri Anda merasa lebih percaya diri? Menggunakan gadget untuk menunjukkan status sosial Anda? Membeli gadget hanya untuk mengikuti trend karena fitur yang ditawarkan terbaru meskipun Anda tidak membutuhkan fitur-fitur tersebut? Dari semua fitur gadget yang Anda miliki, tidak semua fitur Anda gunakan dalam kehidupan sehari-hari? Membuat orang lain tidak nyaman karena perilaku mendengarkan musik Anda yang seenaknya memutar di tempat manapun tanpa melihat situasi sekitar?. Kalau Anda sebagian besar menjawab iya, maka Anda termasuk orang yang menggunakan gadgettidak tepat guna. Jadi Anda termasuk korban kemajuan teknologi, dan akan terus berusaha membeli gadget-gadgetterbaru meski tidak benar-benar membutuhkannya. Bila tidak, maka Anda termasuk pengguna gadgetyang humanis, atau termasuk konsumen gadgettepat guna.

Berikut pertanyaan yang lebih fokus ke penggunaan gadget yang kreatif atau konsumtif. Anda menggunakan gadget Anda untuk mengabadikan diri atau momen-momen hanya sebagai kenangan atau narsis dipamerkan ke orang lain, atau lebih menggunakan gadget untuk mengabadikan peristiwa-peristiwa yang dapat dibagikan untuk menunjang kerja atau kemaslahatan orang lain?. Anda menggunakan gadget lebih ke arah bermain game, kontak sosial, atau untuk fungsi kerja Anda agar lebih produktif dimanapun Anda berada tanpa terhalangi peralatan yang terbatas. Silahkan Anda renungkan hasil refleksi Anda terkait dengan pertanyaan-pertanyaan tersebut, jadilah pengguna gadget yang tepat guna, bukan konsumtif ataupun tidak humanis.

Update: 27-06-2013 | Dibaca 3518 kali | Download versi pdf: Apa-Yang-Bisa-Anda-Lakukan-Dengan-Gadget-Anda-.pdf