Wifi merupakan salah satu fasilitas teknologi informasi yang disediakan oleh Universitas Surabaya untuk dimanfaatkan oleh seluruh civitas akademika Universitas Surabaya.

Fasilitas ini mulai diujicobakan terhitung Nopember 2007, diawali dengan area coverage yang meliputi berbagai lokasi strategis, yang sering dimanfaatkan untuk berdiskusi oleh civitas akademika Universitas Surabaya.

Lokasi yang saat ini telah tercakup adalah:

  • Perpustakaan Lt.1
  • Gazebo Fakultas Ekonomi
  • Seputar Gedung Serbaguna Fakultas (SGFT) Teknik dan Serbaguna Fakultas Farmasi (SGFF)
  • Fakultas Teknobiologi (TG) Lt. 2
  • Gazebo Fakultas Teknik - Depan MKU
  • Ruang Rapat Pimpinan - Kampus Ngagel
  • Selasar Depan Perpustakaan - Kampus Ngagel
  • Gazebo Fakultas Farmasi
  • Gazebo Fakultas Psikologi di sekitar belakang Tata Usaha Fakultas Psikologi
  • Ruang Baca 24 Jam
  • Seputar area Ruang Rapat masing-masing Fakultas

Ubaya tidak memungut biaya untuk penggunaan maupun set-up untuk koneksi WIFI-Zone Ubaya. Apabila anda mengalami kesulitan untuk menghubungkan laptop anda dengan WIFI-Zone Ubaya, silahkan meminta bantuan ke Helpdesk Sistem Informasi Manajemen, Perpustakaan Lantai Dasar - sebelah Ruang Baca 24 jam (Layanan terbatas, sesuai dengan jam layanan yang ditentukan oleh petugas), atau dengan menghubungi telepon 298-1000 extension dengan 3000 melalui jaringan telepon Ubaya.

Langkah-langkah untuk mengaktifkan account Wifi anda adalah sebagai berikut :

  1. Aktivasi account Wifi melalui http://aktivasi.ubaya.ac.id
    Aktivitasi hanya bisa dilakukan pada jaringan komputer intranet Ubaya. Anda juga dapat mengunjungi IAS (Integrated Administration Services) di Perpustakaan Lantai 1 untuk bantuan aktivasi account Anda.
    Password yang digunakan pada saat aktivasi merupakan data rahasia yang akan dipakai untuk mengakses beberapa layanan yang ada di Ubaya. Silahkan simpan baik-baik dan tidak diberitahukan kepada orang lain.
  2. Download software open source SecureW2, dan konfigurasi laptop anda. Bisa lihat tutorial setting wifi
  3. Ubah setting proxy server pada browser.

Langkah 1 dan 2 hanya perlu dilakukan 1 kali.

Langkah 3 juga hanya perlu dilakukan 1 kali kalau setelah itu notebook tidak pernah digunakan pada jaringan komputer atau jaringan Wifi pada provider lain.

Apabila menggunakan ISP lain, maka setting proxy server harus dikosongi atau disesuaikan dengan permintaan provider, jika tidak anda tidak bisa melakukan browsing dengan menggunakan ISP tersebut. Apabila setting proxy diubah, maka Langkah 3 harus diulangi pada saat akan terkoneksi dengan Wifi Zone Ubaya kembali.

Copyright
© 2017 Universitas Surabaya. Artikel yang ada di halaman ini merupakan artikel yang ditulis oleh staf Universitas Surabaya. Anda dapat menggunakan informasi yang ada pada halaman ini pada situs Anda dengan menuliskan nama penulis (apabila tidak tercantum nama penulis cukup menggunakan nama Universitas Surabaya) dan memasang backlink dengan alamat http://www.ubaya.ac.id/2014/content/content/408085/Akses-Internet-Wifi-Hotspot.html