Dalam bulan suci ramadhan ini, Unit Kegiatan Kerohanian Islam(UKKI) Universitas Surabaya(Ubaya) mengadakan berbagai kegiatan – kegiatan yang bertujuan membangun kerohanian. Serangkaian kegiatan tersebut terangkum dalam acara semarak ramadhan kampusku. Salah satu agendanya adalah peringatan Nuzulul Qur’an yang dilaksanakan pada 10 Agustus silam di depan Fakultas Psikologi. Setiap tahunnya, acara semarak ramadhan kampusku ini mengangkat tema yang berbeda – beda. Tahun ini tema besar yang diangkat adalah “Welcome Ramadhan.”

Kegiatan diawali dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an dan kemudian sambutan dari Ketua Umum UKKI, Muhammad Doni Aprianto W. Doni mengatakan kegiatan ini dilaksanakan untuk membangun silaturahmi antar warga Ubaya dengan masyarakat sekitar terutama anak – anak yatim dan menjalin kedekatan dengan Al Qur’an. Selanjutnya yang tak kalah pentingnya adalah sambutan dari Ayub Negara selaku Presiden BEMUS. Ayub mengapresiasi bentuk kegiatan ini. “Kegiatan tahunan UKKI ini merupakan kegiatan yang bagus dan semoga dapat diteruskan,” katanya.

Memasuki acara inti yaitu acara dakwah yang dibawakan oleh Ustad Bangun Samudra. Dakwah yang diangkat bertajuk “Iman yang Menguatkan Kaidah Islamiyah”. Peserta yang mengikuti kegiatan ini adalah warga Ubaya, anak – anak yatim piatu dan beberapa kepala panti asuhan. Di sela – sela kegiatan, Prof. Ir. Joniarto Parung, PhD selaku Rektor Ubaya hadir untuk menyemarakkan kegiatan ini. Dengan menyampaikan sepatah dua patah kata, Prof Joni kemudian menyerahkan tanda kenang – kenangan secara simbolis kepada kepala panti asuhan yang hadir.

Tak terasa waktu berbuka puasa pun tiba. Semua panitia yang beberapa diantaranya adalah mahasiswa baru Ubaya membagikan ta’jil kepada para peserta. Acara pun dilanjutkan dengan kegiatan buka puasa bersama dan ditutup dengan sholat berjemaah. “Dengan terlaksananya acara ini semoga dapat mempererat tali silaturahmi antar umat dari berbagai kalangan,” harap Abdillahis, ketua panitia. (voz)WU