5 Juni ditetapkan sebagai Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Ada banyak kegiatan yang dapat dilakukan untuk memperingati hari tersebut diantaranya penanaman seribu pohon.

Melestarikan lingkungan hidup sudah menjadi tanggung jawab kita bersama. Namun, sering kali kita terlalu sibuk dengan kegiatan kita sehingga melupakan sesuatu yang harus kita perbuat untuk lingkungan. Sebenarnya, ada banyak hal yang dapat dilakukan dalam rangka pelestarian lingkungan hidup seperti reboisasi. Reboisasi dapat diwujudkan dengan gerakan penanaman seribu pohon.

Hutan mangrove adalah salah satu jenis keanekaragaman hayati yang harus dilestarikan untuk menahan abrasi. Maka dari itu, pada 2 Juni 2012, Asosiasi Dana Pensiun Indonesia(ADPI) Komda VI Jatim bekerja sama dengan Dana Pensiun(DAPEN) Universitas Surabaya(Ubaya) mengadakan gerakan penanaman seribu pohon di Hutan Mangrove Wonorejo.

“Terima kasih atas kerja samanya dengan Dapen Ubaya atas terselenggaranya kegiatan ini,” buka Dr Achmad Firdiansyah, MM selaku Ketua ADPI Komda VI Jatim. Kerjasama ini merupakan kali yang pertama.  Achmad berharap agar dapat melakukan kegiatan ini kembali pada kesempatan lain. Selain dapat bermanfaat bagi lingkungan, kegiatan ini juga dapat membangun kebersamaan.

Penyerahan bibit pertama dilakukan oleh Achmad kepada Sukri selaku pengelola Mangrove Monorejo. Kemudian, baik para anggota ADPI Komda VI maupun anggota Dapen Ubaya turun untuk menanam pohon. Terik matahari yang panas tidak menyurutkan semangat mereka dalam menghijaukan lingkungan.

Setelah bibit – bibit pohon selesai ditanam, mereka melakukan perjalanan ke sebuah gubuk di tengah laut untuk refreshing dan makan siang bersama. Kegiatan ini merupakan salah satu wujud dari kegiatan Dapen Ubaya yang sesuai dengan program pemerintah. “Penanaman seribu pohon di Mangrove ini merupakan prioritas utama yang paling efektif dalam menggunakan dana yang ada,” tutup Drs Ferry S. Julius, MM, Ketua Dapen Ubaya. (voz/wu)