Pada awal 2007, unit Sistem Informasi Manajemen (SIM) Ubaya telah memulai pengembangan sistem autentikasi dan serangkaian ujicoba untuk implementasi jaringan nirkabel di lingkungan kampus Universitas Surabaya. Awal Nopember 2007 lalu, jaringan ini telah dapat dimanfaatkan secara terbatas untuk pengujian lebih lanjut oleh teknisi SIM.

Jaringan nirkabel atau seringkali disebut juga dengan 'wifi zone', 'hotspot' atau 'wifi network' ini akan dapat dimanfaatkan secara luas oleh seluruh civitas akademika Universitas Surabaya di beberapa lokasi strategis, antara lain di lantai 1 perpustakaan, galeri Fakultas Hukum, galeri Fakultas Ekonomi, galeri Fakultas Teknik dan berbagai tempat lainnya. Secara bertahap, area yang tercakup akan dikembangkan lebih luas lagi, dengan mempertimbangkan banyaknya civitas akademika yang memanfaatkannya. Dalam waktu dekat akan dipasang tanda pada tiap lokasi yang tercakup dalam jaringan Wifi ini.

Wifi zone ini nantinya akan dapat dimanfaatkan secara gratis, namun tentunya dengan berbagai ketentuan yang mengikat. Ketentuan yang harus dipenuhi antara lain adalah bahwa koneksi wifi dan internet ini tidak dimanfaatkan untuk:
  • download video
  • download music, terutama yang illegal.
  • download software illegal, crack, serial, keygen dan sebagainya.
  • mengakses pornografi
  • download komik manga
  • dsb
Banyaknya pengguna yang mendownload video, music, software, dsb akan memperlambat koneksi jaringan internet yang ada, dan merugikan pengguna lain. Apabila ada pengguna yang dalam catatan (log) server kami melanggar ketentuan di atas, akan dikenai penalti, dan account yang bersangkutan akan dinonaktifkan.
Perlu diingat bahwa koneksi internet ini membutuhkan dana yang tidak sedikit, mudah-mudahan dapat dimanfaatkan dengan sebaikbaiknya, terutama untuk kepentingan studi.

Prosedur untuk registrasi dan konfigurasi untuk peralatan yang digunakan untuk mengakses jaringan wifi ini akan dipasang di situs ini segera, dengan alamat: http://www.ubaya.ac.id/wifi
Copyright
© 2017 Universitas Surabaya. Artikel yang ada di halaman ini merupakan artikel yang ditulis oleh staf Universitas Surabaya. Anda dapat menggunakan informasi yang ada pada halaman ini pada situs Anda dengan menuliskan nama penulis (apabila tidak tercantum nama penulis cukup menggunakan nama Universitas Surabaya) dan memasang backlink dengan alamat http://www.ubaya.ac.id/2014/content/news_detail/85/Wifi-Zone-Di-Kampus-Ubaya.html