“Innovation Change Life”, Tema ini diambil dalam rangka Manufacturing Engineering Challenge (MEC). “Innovation” diangkat sebagai tema dalam pelaksanaan MEC kali ini dengan harapan bahwa dengan penciptaan, pengembangan dan implementasi desain produk dapat meningkatkan effesiensi, efektifitas atau keunggulan bersaing. Innovasi sendiri dapat berkenaan dengan produk, jasa, proses manufaktur, proses managerial atau desain organisasi. Sehingga dengan adanya inovasi produk maka dapat lebih memuaskan kebutuhan konsumen dan dengan inovasi proses juga dapat meningkatkan effesiensi dan effektifitas.

Manufacturing Engineering Challenge (MEC) kali ini berbeda dengan MEC pada tahun-tahun sebelumnya. MEC tahun ini dihelat juga dalam rangka LUSTRUM ke 5 Fakultas Teknik. Manufacturing Engineering Challenge (MEC) dimulai dengan babak penyisihan yang diikuti oleh 87 siswa SMA dari beberapa kota di Jawa Timur yang diadakan pada hari sabtu 17 September 2011 kemarin. Pada babak penyisihan ini terpilih 10 kelompok untuk masuk dalam babak semifinal. Babak Semi Final dan Final selanjutnya akan dilakukan di Ubaya Training Center (UTC) pada tanggal 23-25 September 2011. Pada babak semifinal dan final siswa SMA dan guru pendamping dari beberapa SMA akan diajak terlebih dahulu untuk menggunjungi salah satu Industri Manufaktur di jawa Timur dalam bentuk kunjungan industri di PT Sosro. Kunjungan ke Industri kali ini adalah untuk mengetahui secara langsung bagaimana proses manufacturing berlangsung dalam suatu industri.

Tujuan Manufacturing Engineering Challenge (MEC) ini sendiri adalah untuk memberikan wawasan kepada siswa SMA terkait dengan keilmuan program study Teknik Manufaktur. Selain juga untuk melatih siswa SMA untuk meningkatkan daya inovasi dan kreatifitasnya dalam merancang suatu produk. “Bangsa Indonesia sebagai bangsa dengan jumlah penduduk yang besar merupakan pangsa pasar yang menjadi incaran bangsa-bangsa lain, produk-produk dari luar sudah mulai mengalir masuk ke Indonesia, sehingga generasi muda harus kita kenalkan dengan keilmuan-keilmuan di Bidang Manufaktur”, menurut Yuwono B Pratiknyo, Kaprodi Teknik Manufaktur.

Selain Manufacturing Engineering Challenge (MEC), untuk meningkatkan kecintaan siswa SMA kepada Product Design maka Program Studi Teknik Manufaktur juga akan mengelar “PRODUCT DESIGN CONTEST” pada awal 2012. Semoga produk dalam negeri menjadi tuan rumah di negeri sendiri, dan Industri Manufaktur Indonesia bisa berkembang. (TM 2011).