SURABAYA | SURYA Online - Sebanyak 45 siswa SMA dan SMK di Surabaya mengisi momen kemerdekaan dengan mengikuti lomba menghias topeng. Dengan cat, para siswa ini memberi warna seindah dan secantik mungkin setiap topeng.

Sebanyak 45 siswa dilibatkan sesuai tahun Kemerdekaan. Mereka harus mempersiapkan sendiri cat dan kuas. Setiap topeng dari berbagai derah di Indonesia dihias.

“Saya jadi tahu kalau topeng itu merupakan karya budaya nusantara,” ucap Oscar Adi Salim, salah satu peserta dari SMA Gloria 2 Surabaya, Rabu (17/8).

Kegiatan dalam rangka menyemarakkan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI yang ke-66 tersebut digelar oleh Universita Surabaya (Ubaya). Selama tiga hari hingga 19 Agustus, kampus ini menggelar lomba lukis dan lomba desain batik. Selain diikuti mahasiswa juga diikuti warga.

Baik siswa maupun mahasiswa dan warga jadi satu di Kampung Genteng Candirejo. “Semata-mata untuk menumbuhkan nasionalisme dan mebangkitkan keberagaman Nusantara yang mulai ditinggalkan,” ujar Guguh Sujatmiko, dosen Desain Manajemen Produk Ubaya.

Ubaya selaku panitia sengaja mengajak siswa dan mahasiswa untuk berkarya nyata di kampung yang terkenal dengan budaya kreatifnya. Di Genteng Candirejo inilah, seluruh sampah plastik dimanfaastkan menjadi tas atau keperluan lain.

Selain menyulap bungkus mi instan, botol air mineral menjadi tas, di kampung itu pula bekas karung goni yang dekil disulap kembali jadi tas dan wadah yang cantik.

“Kami juga akan membantu mendesain tas atau produk lain yang bisa dimanfaatkan warga,” kata Krsitin Natalia Widodo, salah satu mahasiswa DMP.(Faiq Nuraini)

sumber:  http://www.surya.co.id/2011/08/17/merdeka-warnai-topeng-yuk?fb_comment_id=fbc_10150350329187784_19385162_10150350405887784#f10abd0f1666b2e

Copyright
© 2017 Universitas Surabaya. Artikel yang ada di halaman ini merupakan artikel yang ditulis oleh staf Universitas Surabaya. Anda dapat menggunakan informasi yang ada pada halaman ini pada situs Anda dengan menuliskan nama penulis (apabila tidak tercantum nama penulis cukup menggunakan nama Universitas Surabaya) dan memasang backlink dengan alamat http://www.ubaya.ac.id/2014/content/news_detail/734/Merdeka--Warnai-Topeng-Yuk.html