Situs Web Universitas Surabaya kembali masuk dalam daftar ranking yang diterbitkan oleh 4icu.org pada edisi 3 Juli 2010. Pada edisi Juli 2010, situs web Universitas Surabaya (UBAYA) berhasil memasuki peringkat 3334 perguruan tinggi di dunia. Di tingkat Indonesia, situs web Ubaya berhasil memasuki peringkat 26 dari 150 peringkat perguruan tinggi yang diterbitkan. Untuk tingkatan perguruan tinggi swasta di Indonesia, situs web Ubaya berhasil menempati urutan ke 7. Prestasi ini perlu untuk terus dipertahankan dan ditingkatkan pada edisi berikutnya yang diterbitkan di akhir tahun.

 

Sekilas tentang 4icu.org

4icu merupakan singkatan dari 4 International Colleges & Universities, sebuah search engine dan direktori dari perguruan tinggi di seluruh dunia yang terakreditasi. Situs ini juga melakukan penilaian dan menerbitkan peringkat perguruan tinggi lebih dari 200 negara di dunia, di mana saat ini sudah leih dari 9200 perguruan tinggi sudah tercakup dalam basis datanya.

Demi menjaga kualitas penilaian dan peringkat yang diterbitkan, ada beberapa kriteria yang wajib dipenuhi oleh organisasi pendidikan yang dicantumkan dalam daftar maupun peringkat, antara lain:

  • Mendapatkan pengakuan atau terakreditasi dari organisasi pendidikan di tingkat nasional atau regional, seperti Departemen Pendidikan Nasional atau lembaga akreditasi yang ada.
  • Berhak secara resmi menerbitkan ijazah Sarjana dan/atau Pasca Sarjana
  • Menyediakan proses belajar-mengajar yang berbasis tatap muka
  • Memiliki situs web resmi yang dapat diakses secara online

Organisasi pendidikan yang hanya memiliki pendidikan non gelar 2 tahun ke bawah, atau hanya memberikan pendidikan jarak jauh, maupun yang tidak memenuhi kriteria tersebut di atas tidak dimasukkan dalam daftar.

Untuk menentukan peringkat yang ada 4icu.org  memiliki sebuah algoritma khusus yang didasarkan pada data yang dianggap tidak bias dan independen yang diperoleh dari beberapa search engine: Google Page Rank, Yahoo Inbaound Links, dan Alexa Traffic Rank. Peringkat ini disusun untuk menentukan seberapa populer situs web dari perguruan tinggi yang terkait di tingkat dunia, dan tidak terkait secara langsung dengan kualitas dari pendidikan atau layanan yang diberikan, bukan peringkat akademis.


oleh:
Stephanus Eko Wahyudi
 

Copyright
© 2017 Universitas Surabaya. Artikel yang ada di halaman ini merupakan artikel yang ditulis oleh staf Universitas Surabaya. Anda dapat menggunakan informasi yang ada pada halaman ini pada situs Anda dengan menuliskan nama penulis (apabila tidak tercantum nama penulis cukup menggunakan nama Universitas Surabaya) dan memasang backlink dengan alamat http://www.ubaya.ac.id/2014/content/news_detail/541/Peringkat-Situs-Web-Universitas-Surabaya--UBAYA--Di-4-International-Colleges---Universities--4icu-org-.html