STATUS sebagai duta muda ASEAN 2009-2011 membuat Sherly Yuliana Molle kian sibuk. Dia juga dituntut untuk bisa membagi waktu dengan kuliahnya. Namun, gadis kelahiran 24 Juli 1988 itu menjalani masa penggemblengan diri tersebut dengan senang hati. "Masa kuliah harus dimanfaatkan untuk mencari pengalaman," kata mahasiswi Fakultas Hukum Universitas Surabaya itu kemarin (21/5).

Apalagi, kini dia mendapatkan tugas sebagai panitia lomba pidato berbahasa Inggris antarma­hasiswa yang merupakan gawe Kementerian Luar Negeri. Sebagai panitia, dia harus aktif mempro­mosikan acara tersebut dari satu kampus ke kampus lain. "Persiapan publikasi tak sampai sebulan. Awal Juni nanti, lomba harus dimulai," tutur mahasiswi semester enam jurusan ilmu hukum tersebut.

Dia menjelaskan, lomba pidato yang bertema ASEAN as One Community tersebut memiliki semangat persatuan yang harus diapresiasi. Apalagi, tema tersebut sesuai dengan spirit ASEAN sebagai satu komunitas yang harus bahu-membahu dalam membangun peradaban lebih baik. "Sebagai duta muda ASEAN, saya merasa bertanggung jawab secara moral," tegas alumnus SMP Al Hikmah Surabaya tersebut. (rio/c8/aww)

dikutip dari Jawapos, 22 Mei 2010