Rektor Ubaya, Prof Drs ec Wibisono Hardjopranoto, di Integrated Outdoor Campus (IOC), mencanangkan program penanaman 5000 pohon bersama Bank Mandiri. Pencanangan itu ditandai dengan penyerahan tanaman secara simbolis kepada empat Kepala Desa di Kecamatan Trawas.

Kegiatan yang dilakukan pada 20 April 2009, pukul 10.30 WIB itu merupakan salah satu bentuk perhatian terhadap kelestarian lingkungan. Wibisono mengatakan kegiatan ini amat sederhana namun bernilai tinggi. “ Apa yang kita lakukan sekarang ini bernilai sangat tinggi, inilah bentuk kepedulian kita terhadap lingkungan dan pendidikan,” ujarnya. Hal ini merupakan wujud komitmen Ubaya, sehingga dengan adanya komitmen tersebut semua masyarakat akan berpartisipasi dalam upaya penanaman pohon untuk perbaikan lingkungan.
Di hadapan para Kepala Desa, pihak Kecamatan Trawas serta rombongan pimpinan Bank Mandiri,  Wibisono menegaskan, setiap orang wajib mempunyai tanggung jawab menanam pohon, dan itu harus dimulai dari diri sendiri, mulai dari sekarang dan mulai dari yang kecil. “Gerakan menanam pohon merupakan komitmen. Sebab gejala pemanasan global dan isu perubahan iklim semakin dirasakan akibat berkurangnya pohon dan tanaman,” tambahnya.

Senada juga diutarakan Soenarto Soepomo, Deputi Regional Manager Wilayah VIII Bank Mandiri , "Semoga melalui program ini, masyarakat akan berpartisipasi dalam upaya penanaman dan pemeliharaan pohon serta perbaikan lingkungan. Karena kalau bukan kita siapa lagi yang akan peduli. Ini semua untuk anak cucu kita,” katanya

Ia berharap, kita (Ubaya dan Bank Mandiri,red) dapat berperan menjadi pelopor, pembina, penggerak, dan pelaku penanaman pohon bagi masyarakat. "Penanaman pohon merupakan salah satu upaya yang akan langsung terasa dalam menjawab kerusakan ekosistem yang saat ini dialami, tidak hanya di dunia tapi juga dirasakan di negara kita. Pohon-pohon yang kita tanam ini diharapkan akan menjadi filter karbondioksida yang pada saatnya akan dapat mengatasi atau setidaknya mengurangi isu pemanasan global dan perubahan iklim tersebut," katanya.

Turut menambahkan Dedy Hartadi, Sekretaris Camat Trawas yang hadir saat itu mengatakan, sejak kehadiran Ubaya di Desa Tamiajeng, sudah memberikan kontribusi yang besar pada seluruh masyarakat di seluruh Kecamatan Trawas.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penanaman pohon Jabon secara serentak oleh pihak Ubaya, Bank Mandiri, Direktur IOC, beberapa Dekan Fakultas, serta perangkat Desa yang hadir. Keberhasilan kegiatan ini tak lepas dari peran serta LPPM Ubaya yang sudah lama menjalin kerjasama dengan Bank Mandiri. (cuy)