Aspek keselamatan dan kesehatan kerja (K-3) di industri saat ini menjadi hal yang sangat diperhatikan mengingat semakin ketatnya peraturan terkait dengan K-3 serta tuntutan stake holder industri. Untuk meningkatkan kepedulian terhadap K-3 ini maka Jurusan Teknik Kimia Ubaya bekerja sama dengan Forum Komunikasi dan Konsultasi (FKK) Ubaya dan Industox Consult-Netherlands telah mengadakan seminar dan workshop bertema “Exposure Assessment of Hazardous Chemicals in The Work Environment” pada tanggal 12 dan 13 Maret 2009 bertempat di Gedung Serba Guna Fakultas Teknik dan Laboratorium Simulasi dan Pemodelan Jurusan Teknik Kimia.

Sekitar 100 orang dari berbagai jenis industri dan mahasiswa Ubaya mengikuti seminar yang disampaikan oleh Joost van Rooij, Ph.D. dan Dan Huizer, M.Sc. dari Industox Consult. Pada seminar yang dibuka dan ditutup oleh Wakil Rektor 1 Ubaya, Prof. Ir. Lieke Riadi, Ph.D. ini kedua pembicara menyampaikan beberapa hal terkait dengan toksikologi dan berbagi pengalaman mereka tentang berbagai standard terkait safety and health di berbagai negara di dunia.

Sedangkan pada workshop yang diadakan pada tanggal 12 Maret 2009 pukul 13.00 siang dan tanggal 13 Maret 2009, Joost dan Daan memberikan pengetahuan dan bekal praktis kepada para mahasiswa, dosen, dan laboran di Jurusan Teknik Kimia tentang beberapa sotware aplikasi terkait dengan K-3.

Software – software tersebut adalah Expert System EASE 2.0., IHSTAT, dan COSHH Essentials yang dapat digunakan untuk melakukan penilaian/assessment exposure chemical di tempat kerja. Software – software tersebut dapat dijadikan sebagai tambahan pengetahuan praktis bagi mahasiswa Teknik Kimia Ubaya yang di dalam perkuliahan mereka telah memperoleh bekal informasi tentang Kesehatan dan Keselamatan Kerja khususnya di industri proses. Seluruh peserta terlihat begitu antusias mengikuti workshop ini yang terlihat dari proses diskusi yang interaktif antara pembicara dan para peserta.

‘all of participants were interested with the workshop and I hope what they got in this workshop will be useful for their future life in industry’ kata Daan mengomentari antusiasme mahasiswa Teknik Kimia dalam mengikuti workshop dari awal hingga selesai.

Joost dan Daan juga berharap kerja sama lebih lanjut dengan Ubaya dapat ditingkatkan di masa yang akan datang.
Copyright
© 2017 Universitas Surabaya. Artikel yang ada di halaman ini merupakan artikel yang ditulis oleh staf Universitas Surabaya. Anda dapat menggunakan informasi yang ada pada halaman ini pada situs Anda dengan menuliskan nama penulis (apabila tidak tercantum nama penulis cukup menggunakan nama Universitas Surabaya) dan memasang backlink dengan alamat http://www.ubaya.ac.id/2014/content/news_detail/283/Kepedulian-Terhadap-K-3-Di-Seminar-Dan-Workshop-Jurusan-Teknik-Kimia--FKK-Ubaya-Dan-Industox-Consult-Netherlands.html