Sebanyak 45 dosen mengikuti Pelatihan Reviewer Bidang Penelitian untuk jabatan akademik dosen Universitas Surabaya.Pada kehiatan ini, SDM menghadirkan pemateri dari Kopertis Prof. Dr. Ir. Achmadi Susilo, MS. Pelatihan diselenggarakan di gedung Serbaguna di Fakultas Psikologi pada Selasa, 12Desember 2017 diberikan kepada perwakilan dosen yang memiliki jabatan tertinggi pada setiap Fakultas atau Prodi sebagai reviewer (penilai). Hal tersebut bertujuan agar para reviewer memiliki pengetahuan tentang bagaimana melakukan penilaian yang baik terhadap hasil karya-karya ilmiah dosen yang akan mengajukan kenaikan jabatan akademik di Univeristas Surabaya.

Menurut Dra. ec. Endang Ernawati, M.Si.,CSA Direktur SDM selaku ketua pelaksana, Ubaya memiliki 350 tenaga dosen pengajar, mereka harus memiliki jabatan akademik dosen tingkat Kopertis, jabatan tertinggi akademik tertinggi di miliki oleh Profesor, Guru Besar, Lektor Kepala, Lektor dan Asisten Ahli.

“Agar mencapai level tersebut, dosen harus memiliki pengetahuan tentang bagaimana menyiapkan karya-karya ilmiah sehingga angka kreditnya bisa mencapai 10. Buku yang di gunakan harus berdasarkan ketentuan dari Dikti supaya tidak terjadi penolakan oleh KemristekDikti,” tambahnya.

Di sisi lain, Achamdi mengatakan bahwa kegiatan pelatihan reviewer ini sangat positif bagi para penilai. “Kedepannya teman-teman dosen yang ikut dalam pelatihan ini dapat bekerja dengan baik untuk menilai hasil karya-karya ilmiah dosen lain,” ungkap pemateri siang hari itu. Selain itu, dosen yang ikut dalam pelatihan ini dapat menilai murni secara objektif, lebih transparan serta tertata, bersemangat dalam melaksanakan tugas.