Leadership Club Pascasarjana Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya kembali mengadakan kuliah tamu yang digelar pada hari Jumat, 27 Oktober 2017 bertempat di ruang Auditorium Pascasarjana FBE dengan tema “Contemporary Logistics & Supply Chain Management”. Pembicara kali ini adalah Tenaka Budiman, ST, MM, ASCM, CSLP, seorang ahli dan praktisi di bidang logistik beserta rekannya Rina. Kuliah tamu ini diawali dengan pembukaan oleh Siti Rahayu, S.E., M.M., dosen pengampu mata kuliahManajemen OperasiFBE Universitas Surabaya.

Tenaka menjelaskan tentangevolusi Supply Chain Managementdari bentuk Phsycal Distribution kemudian menuju Logistic Managementdan berakhir pada pembentukan final Supply Chain Management. Berdasarkan pemaparan tersebut dapat diambil pengertian bahwa Supply Chain Managementmerupakan jaringan global yang cakupan pelayanannyadimulai dari bahan baku hingga uang tunai demi menyediakan layanan barang dan jasa yang bernilai guna bagi konsumen.Kemudian diakhir kuliah tamu tersebut, Tenaka memberikan sepuluh tips dalam menjalankan Supply Chain Managementyang baik, diantaranya pemahaman kebutuhan pelanggan, sinkronisasi, kolaborasi, dan keterbukaan dalam supplychain, pemanfaatan teknologi informasi, dan selalu berusaha mencari solusi yang inovatif.

”Selain kuliah tamu dari Tenaka ini sangat mengasyikan dan mudah dipahami, ia menjadi sadar bahwa ternyata permasalahanSupply Chain Managementbegitu kompleks dan dibutuhkan manajemen logistik yang baik” ungkap Monica Lorentia,salah seorang peserta dari MM-53.